Dunia kita tidak pernah mengenal kata kegagalan

Kisah hidup manusia sering menemui apa yang kita sebut kegagalan. Dalam berbagai keadaan kita sering mengalami sendiri sakitnya kegagalan, gagal makan, gagal kencan, gagal jadian, gagal lulus, gagal nikah, gagal kerja, gagal ginjal dan bla bla bla selanjutnya.

Kegagalan bukanlah pilihan di otak manusia, kegagalan adalah sebuah proses ketika kita mendapat hasil dibawah dari target yang hendak kita capai. Di negara kita sendiri banyak sekali kasus2 kegagalan yang berujung tragis, kegagalan pemerintah mengentaskan kemiskinan misalnya, atau yang lebih parah adalah adanya cara pandang baru menyikapi sebuah kegagalan yaitu dengan acara bunuh diri di tempat2 umum.

Aku ga pernah habis pikir apa yang dipikirkan orang2 tersebut tentang arti kegagalan dan kenapa harus diakhiri dengan bunuh diri???apakah dengan bunuh diri lantas kegagalan mereka dianulir dengan sendirinya?? atau cuma sebagai pembuktian pada publik dan orang2 tertentu bahwa dia adalah orang gagal yang terlalu depresi dengan kegagalannya???

Dan kita bersyukur memiliki orang2 gagal seperti mereka yang selalu memperjuangkan bangsa kita tanpa kenal menyerah.

Aku tertarik dengan apa yang disampaikan M Suyanto ketua STMIK AMIKOM mengenai kegagalan, menurutnya kegagalan tidak pernah ada, yah setiap hasil yang tidak memuaskan adalah proses untuk menjadi berhasil, kegagalan bukanlah sebuah hal yang perlu ditangisi karena dia sendiri tak pernah ada.

Kita mengenal banyak orang2 ternama yang hidup dari kegagalan, sebutlah Albert Einstein, Alfa Edison, Bill Gates dan Linus Torvald, jika kita melihatnya saat ini tentu kita melihatnya sebagai orang berhasil, orang sukses yang berhasil mencapai mimpinya dan menjadi inspirasi banyak manusia di dunia. Namun jika kita bijak melihat ke masa lalu mereka maka kita akan melihat bahwa mereka adalah orang2 yang penuh dengan kegagalan, sebelum sukses praktis mereka adalah orang2 gagal yang memiliki bertumpuk2 kegagalan ketika menciptakan sebuah penemuan yang fenomenal.

Bandingkan dengan diri kita sendiri yang mungkin sudah merasa sebagai orang gagal hanya karena mengalami kegagalan satu dua hal saja, tentu tidak seberapa jumlah kegagalan kita dibanding mereka yang mungkin ketika itu mengalami lebih dari 10 kali kegagalan setiap harinya dalam bereksperimen.

Kita juga mengenal kisah para Nabi, yang berkali2 gagal menyiarkan keIlahian, namun tak pernah berputus asa, kita mengenal orang2 hebat seperti Diponegoro, Cut Nyak Dien, Hasanudin yang berkali2 gagal memerdekakan bangsanya dari penjajah bahkan bisa dianggap gagal total dari cita2 mereka memulai perjuangannya. Tapi hari ini kita justru menganggap mereka pahlawan bangsa ini. Dan kita bersyukur memiliki orang2 gagal seperti mereka yang selalu memperjuangkan bangsa kita tanpa kenal menyerah.

Yah buat aku orang sukses adalah orang2 gagal, orang2 gagal yang jatuh bangun menghadapi permasalahannya dan berakhir dengan kemenangan di pihaknya. Entah ketika mereka ada atau telah tiada. Sedangkan dunia tidak pernah mengenal kegagalan, dunia hanya mengenal orang2 yang menghakimi dirinya sendiri dan mengibarkan bendera putih pada permasalahan hidupnya.

Comments
29 Responses to “Dunia kita tidak pernah mengenal kata kegagalan”
  1. rawins says:

    gagal itu kalo tidak berhasil trus mendeg…

  2. anotherorion says:

    rawins said: gagal itu kalo tidak berhasil trus mendeg…

    leres kang

  3. rawins says:

    kawin cerai kawin cerai kawin lagi…itu bukti orang tak pernah gagal

  4. ahhh…. makasih kegagalan.

  5. anotherorion says:

    rawins said: kawin cerai kawin cerai kawin lagi…itu bukti orang tak pernah gagal

    sip kang tak dongakna sing siki langgeng selawase wingi ora teka sih pas kawinane rika

  6. anotherorion says:

    lutungdiwarung said: ahhh…. makasih kegagalan.

    bersyukur tung masih bisa merasakan kegagalan artine masih diberi hidup

  7. rawins says:

    ya sok tiru… ben ra dianggep orang gagal…

  8. anotherorion says:

    rawins said: ya sok tiru… ben ra dianggep orang gagal…

    kapan2 lah ngurus awake dewek ndisit

  9. putrijasmine says:

    Terima kasih informasinya.

  10. anotherorion says:

    putrijasmine said: Terima kasih informasinya.

    sama2 mbak jasmine

  11. amathonthe says:

    wiiits tau pak yanto ya…heheheeemang gagal dulu baru bisa sukses

  12. anotherorion says:

    amathonthe said: wiiits tau pak yanto ya…heheheeemang gagal dulu baru bisa sukses

    ya tau nama aja dari tulisan2nya di koran tentang pendidikan dan enterpreneurship

  13. kalasnikhov says:

    sy termasuk orang yg sulit menerima kegagalan

  14. riairwanty says:

    satu kegagalan aja kadang bikin aq ngerasa jadi org yg ga berguna sama skali….sulit untuk mulai bangkit lagi, pdhl “gagal bukan brarti kalah ya”..*postingannya Oks lho*

  15. anotherorion says:

    kalasnikhov said: sy termasuk orang yg sulit menerima kegagalan

    karena itu bang jadikan kegagalan sebagai sebuah proses bukan sebagai hasil akhir, sebagai proses kita masih bisa mengusahakannya lagi tp klo hasil akhir ya kegagalan itu yang jadi raport kita

  16. anotherorion says:

    riairwanty said: satu kegagalan aja kadang bikin aq ngerasa jadi org yg ga berguna sama skali….sulit untuk mulai bangkit lagi, pdhl “gagal bukan brarti kalah ya”..*postingannya Oks lho*

    sisi baiknya orang yang pernah mengalami kegagalan bisa belajar dari pengalamannya itu ya, justru klo orang ga pernah mengalami kegagalan itu yang repot klo suatu saat dia gagal dampak psikologinya kemungkinan lebih berat dari orang yang udah biasa gagal

  17. riairwanty says:

    anotherorion said: sisi baiknya orang yang pernah mengalami kegagalan bisa belajar dari pengalamannya itu ya, justru klo orang ga pernah mengalami kegagalan itu yang repot klo suatu saat dia gagal dampak psikologinya kemungkinan lebih berat dari orang yang udah biasa gagal

    Iaa, aq blajar bahwa gagal bukan brarti kalah atau tidak mampu.Hanya mungkin ada kondisi dan situasi yang tidak memungkinkan…..Ya, banyak faktor juga mengapa kita gagal.

  18. anotherorion says:

    riairwanty said: Iaa, aq blajar bahwa gagal bukan brarti kalah atau tidak mampu.Hanya mungkin ada kondisi dan situasi yang tidak memungkinkan…..Ya, banyak faktor juga mengapa kita gagal.

    sip sip sip semangat bu

  19. riairwanty says:

    anotherorion said: sip sip sip semangat bu

    Smangat juga dik Priyo…..*jgn FBan mulu*

  20. anotherorion says:

    riairwanty said: Smangat juga dik Priyo…..*jgn FBan mulu*

    ahahahaha ahahahaha enjeh bu guru

  21. riairwanty says:

    anotherorion said: ahahahaha ahahahaha enjeh bu guru

    kabuuurrr…*jalan mengendap-endap sambil nutup pintu*

  22. anotherorion says:

    riairwanty said: kabuuurrr…*jalan mengendap-endap sambil nutup pintu*

    CI LUKKKK BAAAAA hayooo mau kemana mau kemana????aku ngikut

  23. riairwanty says:

    anotherorion said: CI LUKKKK BAAAAA hayooo mau kemana mau kemana????aku ngikut

    adeuhh…adeuh….kaget nih !! *ceritanya latah*Udahhh ahhh, ini postingan yg serius, jangan qt nodai dgn permainan ini (hahahahahah)

  24. anotherorion says:

    riairwanty said: adeuhh…adeuh….kaget nih !! *ceritanya latah*Udahhh ahhh, ini postingan yg serius, jangan qt nodai dgn permainan ini (hahahahahah)

    betul betul betul

  25. riairwanty says:

    anotherorion said: betul betul betul

    *mengangguk-anggukkan kepala tanda stuju*

  26. brotherihda says:

    tiada gagal, kataya kan gagal hanya sukses yang tertunda.. 🙂

  27. anotherorion says:

    brotherihda said: tiada gagal, kataya kan gagal hanya sukses yang tertunda.. 🙂

    ia ia benar sekali

  28. larass says:

    Nice posting! Gagal utk meningkatkan semangat dan menanyakan pada diri “kenapa harus gagal? Kalau begitu yg ini gak boleh gagal lg” hehehe thanks ya

  29. anotherorion says:

    larass said: Nice posting! Gagal utk meningkatkan semangat dan menanyakan pada diri “kenapa harus gagal? Kalau begitu yg ini gak boleh gagal lg” hehehe thanks ya

    sama2 larass makasih dah berkunjung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: