Pepesan Kosong

Seperti anak2 kecil lainnya aku paling seneng didongengin dongeng2 rakyat, biasanya sebelum tidur almarhumah ibuku harus ndongeng minimal 2 judul buat pengantarku tidur. Dulu waktu di desa yang namanya majalah anak2 tuh ga ada, praktis klo udah bosen sama dongeng2 itu2 mulu biasanya aku nyari buku cerita di perpus SD. Itupun bukunya terbatas, jarang yang bergambar, rata2 novel kayak siti nurbaya atau pun kisah 5 sekawannya Enid Blyton, klopun yang bergambar paling koleksi koran Bahari di rumah budeku, or majalah kuncung sama majalah satu lagi yang udah lupa namanya. kadang aku juga mampir ke tetanggaku buat baca komik mandarinnya Tiger Wong. Tapi yang paling the best buatku adalah komik Mahabarata nya R A Kosasih yang terdiri dari 4 buah buku gede2 dan super tebel.
Dulu waktu kecil aku paling suka sama pelajaran sejarah, klopun aku dah bosen sama dongeng kancil nyolong timun, atau keong mas aku minta ibuku buat ndongengin kisah Diponegoro atau Hasannudin, sejarah kan ada tokohnya, ada musuhnya ada ceritanya jadi seru ga kayak IPA or matematika yang engga ada tokohnya kagak ada musuhnya apalagi ceritanya… hehehe
Buat anak kecil seumuranku buku cerita bergambar adalah sesuatu yang keren apalagi klo full color, karena di desaku ga ada penjual koran, alhasil keinginanku untuk punya buku cerita bergambar sering kepentok keadaan, parahnya kadang bapakku ngajak muter2 ke rumah temen2 guru2 SD lain tadinya sih buat ngeneng-nengke aku klo lagi ngebet pengen dapet buku cerita baru, eh hasilnya malah dapet LKS-LKS dari beberapa penerbit n disuruh ngerjain tuh LKS sampe selese…peeeh
Ibuku paling benci sama yang namanya komik dan Ebeg (seni kuda2an tradisional kayak
jathilan atau kuda kepang) aku dilarang nonton pertunjukan ebeg karena itu tradisi yang penuh aroma kesirikan, sedangkan komik ibuku benci karena cuma ada komik Pepesan Kosongnya Tatang Suhenra yang dijual penjual2 mainan di tempat2 hajatan yang isinya cuman kisah Petruk Gareng klo ga lagi ketemu janda ya pasti ketemu demit.
Berhubung aku hobby baca komik n ga ada toko yang menjual buku cerita anak2 praktis aku akhirnya berburu komik Pepesan Kosongnya Tatang S tiap ada acara hajatan di desa. Terus terang aku ga pengen ketahuan sama ibuku jadi komiknya selalu aku sembunyiin di bawah kasur, lemari atau tempat2 lain. Konyolnya juga aku paling takut sama cerita hantu, padahal di Pepesan Kosong pasti ada crita hantunya hihihi
Setelah ibuku meninggal tahun 1996, Alhamdulillah Bu Lik ku bersedia menggantikan posisi ibuku di keluargaku, dan mulai saat itu aku berkenalan dengan majalah2 anak2 yang lebih bermutu semacam Bobo dan Aku Anak Saleh. Kadang aku juga diajak mencari komik2 lain yang lebih bermutu. Dan berhentilah aku mengkoleksi Pepesan Kosong yang baru aku tahu arti nama komik itu bertahun2 berikutnya.
Sampe hari ini aku masih meneruskan kegemaranku membaca, buat aku komik masih tetap punya banyak kelebihan terutama untuk memancing anak2 kecil gemar membaca, masih banyak komik yang lebih bermutu tidak seperti Pepesan Kosong, yah seandainya ibuku masih hidup tentu ibu bisa memahami alasanku tetap menyukai buku cerita bergambar yang bernama komik.
Comments
23 Responses to “Pepesan Kosong”
  1. shafa2hilman says:

    puk2 mas-e..semoga ibu tenang disana dan jadi anak sholeh ya mas.biar bisa ndoain ibu..semangat mas-eeee

  2. larass says:

    Huahaha masak kita seangkatan yah? Aku jg dulu suka baca komik2 gituan. Pethruk Garing yg demen ma cewek2 seksi plus bahenol huehehe bacanya jg ngumpet2 kekekekkkoh ya klu jd tgl 2 Apil ke Jogja nya πŸ™‚

  3. gerings says:

    ternyata penggemar tatang s juga, terus fredy s, mansyur s terus sapa maning ya?

  4. ramanefatih says:

    lambang panci bodhol apa kang? biasane toli tambah brondong mbarang seliyane komik gareng

  5. aq jg adalah seorang kutu buku……

  6. elok46 says:

    wakakakaak masih nyimpen bukunyaplus kisah lainnya kek mahabarathaenid juga punyaastrid lindgrend pippi si kaos kaki panjangdll wakakaka

  7. elok46 says:

    wakakakaak masih nyimpen bukunyaplus kisah lainnya kek mahabarathaenid juga punyaastrid lindgrend pippi si kaos kaki panjangdll wakakaka

  8. rawins says:

    aku ga suka komik. paling baca majalah. aku sukanya bobo sama gadis…

  9. anotherorion says:

    shafa2hilman said: puk2 mas-e..semoga ibu tenang disana dan jadi anak sholeh ya mas.biar bisa ndoain ibu..semangat mas-eeee

    njeh bune

  10. anotherorion says:

    larass said: Huahaha masak kita seangkatan yah? Aku jg dulu suka baca komik2 gituan. Pethruk Garing yg demen ma cewek2 seksi plus bahenol huehehe bacanya jg ngumpet2 kekekekkkoh ya klu jd tgl 2 Apil ke Jogja nya πŸ™‚

    hooh ni aku umpet2in coz banyak gambar janda seksinya hehehe ok ok kontak aja ya klo dah dijogja nomernya da di profile

  11. anotherorion says:

    gerings said: ternyata penggemar tatang s juga, terus fredy s, mansyur s terus sapa maning ya?

    franky s karo bakul s lik

  12. anotherorion says:

    ramanefatih said: lambang panci bodhol apa kang? biasane toli tambah brondong mbarang seliyane komik gareng

    duh lambang apa yah lik, iya mbiyen gayane tuku brondong padahal ngincer komike hehehe

  13. anotherorion says:

    hubuthulqolbi said: aq jg adalah seorang kutu buku……

    huhuu banyak temennya nih tapi bukune ga dikutuin beneran to?

  14. anotherorion says:

    elok46 said: wakakakaak masih nyimpen bukunyaplus kisah lainnya kek mahabarathaenid juga punyaastrid lindgrend pippi si kaos kaki panjangdll wakakaka

    dulu aku juga kolektor tapi kolektor buku2 perpus sekolah klo dah pinjem dari perpus njuk berlagak lupa lupa inget nek pernah minjem

  15. anotherorion says:

    rawins said: aku ga suka komik. paling baca majalah. aku sukanya bobo sama gadis…

    maksude bobo sama gadis sambil baca majalah ndean?

  16. larass says:

    anotherorion said: hooh ni aku umpet2in coz banyak gambar janda seksinya hehehe ok ok kontak aja ya klo dah dijogja nomernya da di profile

    oke sip nanti ku sms yah…..dulu ku punya banyak loh buku2 ini tapi kek nya dah dibuangin secara 10 tahun lebih merantau dan beberapa buku ku ludes hehehe

  17. riairwanty says:

    Aq juga suka baca-baca legenda rakyat dan BOBO. Dulu malah suka dikirimi cerita rakyat sama mbah via surat & tulis tangan..

  18. anotherorion says:

    riairwanty said: Aq juga suka baca-baca legenda rakyat dan BOBO.Dulu malah suka dikirimi cerita rakyat sama mbah via surat & tulis tangan..

    wah asik tuh ya, cucu kesayangan no

  19. riairwanty says:

    anotherorion said: wah asik tuh ya, cucu kesayangan no

    Pastinya…..Hidup cerita rakyat !! hhahah

  20. anotherorion says:

    riairwanty said: Pastinya…..Hidup cerita rakyat !! hhahah

    jo ngasi diklaim tetangga sebelah neh yo ya

  21. riairwanty says:

    anotherorion said: jo ngasi diklaim tetangga sebelah neh yo ya

    hhhahahha,Ojo lah yaw πŸ™‚

  22. rawins says:

    anotherorion said: maksude bobo sama gadis sambil baca majalah ndean?

    hehehe deneng cerdas..?

  23. anotherorion says:

    rawins said: hehehe deneng cerdas..?

    tiru rika soale hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: