The Myth

Aku memiliki ketertarikan terhadap beberapa hal yang bersifat misteri, namun sifat misteri yang membuatku tertarik bukan cerita misteri demit2 kolong jembatan, melainkan misteri2 fiksi ilmiah maupun sejenisnya, meskipun aku ngga meyakini semua kebenaran dari misteri2 tersebut namun setidaknya aku menyukai bagaimana misteri itu ada dan menjadi sebuah pertanyaan yang terus menerus dicari jawabannya oleh manusia, pertanyaan yang mungkin tidak akan pernah terjawab dalam rentang usia manusia.

Misalnya misteri batu Stonehenge dan CropCircles di Inggris, Pulau Paskah, Reaktor Purba Gabon, Batu Ica dan Nazca Lines di Peru, Bangunan berundak di bawah Yonigani, Bermuda Triangle, maupun misteri2 yang mungkin lebih bersifat Myth semacam Naga, Yeti, Atlantis, Hollow Earth, Annunaki, Alien.

Jika pertanyaannya kenapa? karena aku menyukainya bukan karena aku meyakini bahwa misteri itu ‘BENAR’ melainkan karena menawarkan perspektif lain yang menghibur dan menantang untuk membuktikan BENAR atau SALAH.

Aku lebih tertarik untuk mencari tahu misteri sebagai ada dan tiada, faktor dan penyebabnya, kemungkinan hoax atau benar adanya, karena bagiku misteri adalah sesuatu yang belum bisa dijelaskan secara rasional, dan dengan alasan itulah aku kurang bisa menerima alasan irrasional untuk menjelaskannya.

Aku tidak berfikir bahwa aku harus membuktikan sebuah misteri bisa terpecahkan olehku atau tidak, aku hanya berfikir dengan kemampuanku misteri itu bisa aku tangkap sebagai sesuatu yang bisa diterjemahkan atau tidak, dan itu cukup.

Ketika melihat sebuah misteri sebenarnya sisi fantasi kita diajak berkompromi dengan sisi rasional untuk mendapatkan gambaran yang bisa menjelaskan kondisi yang ada. Keterlibatan fantasi inilah yang menyenangkan karena kitapun tidak dituntut untuk memiliki intelegensi tinggi hanya untuk berfantasi. Kita terbebas dari keharusan pematuhan hukum2 atau prinsip2 ilmiah. Namun harus disadari pengendali utamanya harus tetap sisi rasional kita, ketika kita terlalu berfantasi terhadap sebuah misteri maka hasilnya selalu adalah hoax.

Menduga2 kaitan sebuah misteri dengan misteri lain memang menyenangkan tapi sebagian yang lain hanya menduga tanpa mengabaikan proses berfikir. Seperti biasa dalam cerita misteri selalu ada bagian2 yang seperti dipelintir agar terlihat lebih misterius, lebih mencengangkan dan rata2 memang lebih disukai. Semakin banyak bukti yang semakin tidak rasional justru membuat objek misterinya semakin terlihat mewah dan indah semakin agung dan terselubung, dan buatku itu justru lebay!

Aku tidak membatasi segala kemungkinan yang mungkin ada, tapi aku membatasi bahwa sebuah misteri tetap akan menjadi misteri tanpa harus menambahkan bumbu2 untuk menjadikan misteri itu terlihat lebih sakral. Misalkan ketika melihat Stonehenge, ketika kita bertanya tentang cerita stonehenge selalu ada berbagai versi dari versi alien, Merlin sampai raksasa yang menyertai misteri stonehenge.

Bagiku semua misteri di dunia yang menyelimuti kita adalah tantangan bagi kita untuk menyadarkan kita bahwa kita bukanlah makhluk yang sangat pintar dan harus banyak belajar. Karena ada banyak misteri yang belum bisa kita jelaskan secara rasional.

Comments
14 Responses to “The Myth”
  1. rawins says:

    angel nek nang blog terbuka kaya kiye lah. malah sok dimusuih wong nek gawe perkiraan sing ora umum. mending gabung beta ufo deh…

  2. jatiagung says:

    misteri janda kembang sally marcelina inyong ben seneng koh…

  3. anotherorion says:

    rawins said: angel nek nang blog terbuka kaya kiye lah. malah sok dimusuih wong nek gawe perkiraan sing ora umum. mending gabung beta ufo deh…

    stigmane sing susah kang soale pemikiran alternatif kaya kuwe bertolak belakang karo pemikiran sing dipegang teguh selama ini.

  4. anotherorion says:

    jatiagung said: misteri janda kembang sally marcelina inyong ben seneng koh…

    nek mbiyen mbok si manis jembatan ancol kang?

  5. larass says:

    Wow ndak mudeng huehehe tapi aku suka tuh film2 misteri animasi begitu. Yg bwtku bertanya2 ada gak toh peri itu?

  6. c3w3xb14z4 says:

    nek wis mambu misteri caraku medeni

  7. bimosaurus says:

    ndesaku wis kulino je nek ngono kui.. dolano nang kene nek bengi nyedak kali rak mesti ono suworo gamelan..

  8. violeisyh says:

    yups… suka juga tuh, dari kecil pelajaran IPA tuh selalu jadi nomor satu.. apa lagi kalo udah masuk yang BAB Tata Ruang. ga tau kenapa emang seru aja ya memahami lingkungan sekitar kita yang mempunyai banyak misteri.. berfantasi ria.. dulu yang paling bikin penasaran tu tentang segitiga bermuda..

  9. genkeis says:

    myth n. 1 traditional story usu. involving supernatural or imaginary persons and embodying popular ideas on natural or social phenomena etc. 2 such narratives collectively. 3 widely held but false notion. 4 fictitious person, thing, or idea. 5 allegory (Platonic myth).  mythical adj. mythically adv. [Greek muthos](Oxford pocket dictionary)

  10. anotherorion says:

    larass said: Wow ndak mudeng huehehe tapi aku suka tuh film2 misteri animasi begitu. Yg bwtku bertanya2 ada gak toh peri itu?

    heeh klo liat film emang lebih asik yang fiksi animasi apalagi klo ada bumbu ilmiahnya. klo di film barat peri digambarkan kecil cantik lucu, tp klo kata simbahku klo yang namanya peri = kuntilanak, syereeem

  11. anotherorion says:

    c3w3xb14z4 said: nek wis mambu misteri caraku medeni

    hwaduh lha piye yu?

  12. anotherorion says:

    bimosaurus said: ndesaku wis kulino je nek ngono kui.. dolano nang kene nek bengi nyedak kali rak mesti ono suworo gamelan..

    lha desomu ngendi to bim? rak asli jogja to?

  13. anotherorion says:

    violeisyh said: yups… suka juga tuh, dari kecil pelajaran IPA tuh selalu jadi nomor satu.. apa lagi kalo udah masuk yang BAB Tata Ruang. ga tau kenapa emang seru aja ya memahami lingkungan sekitar kita yang mempunyai banyak misteri.. berfantasi ria.. dulu yang paling bikin penasaran tu tentang segitiga bermuda..

    klo aku IPA suka sama planet2 n dinosaurus (di buku kuliah bapak – ibu), tahu segitiga bermuda dari majalah bobo sempet kepikiran buat nyoba ngelempar gabus ke segitiga bermuda trus ditungguin ilang beneran apa engga

  14. anotherorion says:

    genkeis said: myth n. 1 traditional story usu. involving supernatural or imaginary persons and embodying popular ideas on natural or social phenomena etc. 2 such narratives collectively. 3 widely held but false notion. 4 fictitious person, thing, or idea. 5 allegory (Platonic myth).  mythical adj. mythically adv. [Greek muthos](Oxford pocket dictionary)

    trimakasih untuk tambahannya, banyak legenda di indonesia tapi kok jarang yang mendunia yah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: