Disorientasi

Rasanya sudah berkali2 menuliskan kejenuhan otak yang kehabisan ide, dan sepertinya keimanan otak emang lagi surut banget klo buat nulis sesuatu di empi, ntahlah, faktor ramuan uthek bundhes senut senut dan kebosanan dalam keseharian akhirnya terbawa juga ke alam ngempi. Mulai deh vakum nulis, padahal dah nyoba meres otak sambil ngeden tapi kok ga da … Continue reading

Phobiya

Sudah bertahun2 aku menghentikan kesukaanku buat nguyah makhluk bernama kacang, baik yang 100 % kacang tulen kayak kacang bawang, kacang goreng, kacang rebus, kacang garing, sampe yang campur2 kayak kacang peyek, kacang selai, kacang telur, sukro, tempe kering campur kacang, pecel dsb. Anything yang berbau kacang dah lama aku kurangin Ya kadang masih mlipir2 juga … Continue reading

Kisah Raja Goblok dan Baju Cerdas

Melihat postingan mbak aniez aku jadi kepikiran sama dongeng raja goblok yang hobby memakai baju baru dan mengagumi kegantengannya di depan cermin. Alkisah di negeri antah berantah ada raja goblok yang narsis dengan dirinya sendiri. Negerinya adalah negeri yang kaya, gemah ripah loh jinawi. Tetapi apa yang dipikirkannya hanyalah citra dirinya yang ingin selalu tampil … Continue reading

Faktor Alam (meneh?????)

Dari tadi siang jogja terus dirundung hujan, alhasil sebenernya males ke luar rumah, tapi coz ada keperluan ya mau ga mau harus mau. Pulang jam 9.30 masih berhujan2 ria, begitu sampe di perempatan Pelem Gurih, lampu bangjo berpindah ke merah, harusnya cuek saja, karena arah rumahku toh turn left go ahead, tiba2 motor didepanku ngerem … Continue reading

Faktor Alam II

Dulu jaman masih sibuk sekolah, materi yang selalu diajarkan dari SD, SMP, SMA adalah siklus angin muson barat dan timur, Kita tahu bahwa angin mengalir dari udara yang bertekanan tinggi menuju udara yang bertekanan rendah, dan jangan lupa angin adalah makhluk Tuhan yang juga hobby mencari kehangatan, sama seperti manusia. Ada dua siklus muson yang … Continue reading

Faktor Alam

Hari ini denger lagi berita tentang amblasnya jalan RE Martadinata di Jakarta, semalem udah sempet nonton sambil lalu, tapi bukan itu yang menarik perhatianku tapi selentingan dari nara sumber yang ngomong klo pihak berwajib hendak mencari tau siapa orang yang bakal dikambinghitamkan atas peristiwa itu. Hedew wedhus meneh wedhus meneh Dikit2 pengennya nyari orang lain … Continue reading

Opor Tempe

Makanan paling maknyus selama lebaran jelas ketupat disanding opor ayam, tapi yang namanya manusia klo kepepet ngga ada rotan akarpun jadi. Waktu pulang mudik kemaren dirumah bude aku lihat masih ada stok opor sisa hari pertama, dasar otak ngeres dipikiranku cuma ada satu statemen “wah kebetulan nih masih sempet bisa ngerasain opor di sana sini” … Continue reading

Kepunthal punthal

Belum selesai rasanya diuber2 buat acara mudik ke kampung halaman, lebaran ke 2 setelah sampai di cilacap langsung molor sebagai pembalasan tidur dijalanan malam sebelumnya, bangun siang2 tapi kok rasanya matanya masih merem melek, terus terang berhubung mudik kali ini nebeng mobil bareng orang rumah jelas ga mungkin seliweran buat sekedar maen ke tempat temen2 … Continue reading

Mudik Juga

Akhirnya sampe juga di tanah kelahiran, walaupun harus melakukan perjalanan estafet sejak sholat ied, pertama yang dituju sungkem dulu ke tempat simbah di gunungkidul, sekitar 50km arah tenggara jogja, abis tu pulang ke rumah, nyampe di jogja pas magrib, harusnya siap2 buat mudik ke cilacap tapi coz aku ada urusan yang sudah terlanjur dijanjikan ga … Continue reading

nglanggam

Kebiasaan almarhumah simbah yang paling aku suka klo sudah melantunkan langgam ini, sebenernya pengen minta simbah buat nyanyiin terus direkam buat kenang2an, tapi karena sudah dipanggil lebih dulu akhirnya googling di inet, ada yang menyebutnya puisi jawir, ada yang menyebutnya langgam opo yo? lali je langgam jowo wae lah hehehe. Ada beberapa versi langgam ini … Continue reading