Dunia Pelangi

Damai itu mendekatkan dan menyatukan hati, wajar ketika dalam posisi tanggap bencana tiba2 ada orang yang menyebut itu adalah azab, sementara dirinya ongkang2 di balik pernyataannya akan memicu orang lain bereaksi.

Dalam keseharian kita, kita akan selalu menemukan orang2 yang bersikap kontraproduktif terhadap hal2 yang seharusnya menjadi saat dimana kita bergandengan tangan bersama sebagai makhluk sosial.

Manusia yang sempurna adalah manusia yang terus belajar untuk memperbaiki kesalahannya, tidak ada batasan manusia sempurna dari segi kualitas kemampuannya, yang ada adalah kesempurnaan manusia berdasar keinginannya untuk terus menjadi yang terbaik bagi dirinya sendiri dan lingkungannya.

Beberapa kejadian dalam waktu dekat ini memang sedikit banyak membuat saya mengelus dada, betapa sulitnya menemukan damai di hati, betapa sulitnya mendengar dan merenungi kesalahan yang mungkin dilakukannya sebagai seorang manusia biasa, no body is perfect, tapi setidaknya setiap orang mampu memilah dan memilih jalan mana yang hendak dia tempuh, bibit bobot bebet dari setiap tindakannya

Manusia adalah tempatnya lali lan luput, maka sebuah permintaan maaf yang tulus akan menjadi penyejuk hati kita dan orang lain yang terluka karena kesalahan kita, entah itu kesalahan yang kita sengaja maupun tidak, butuh kebesaran hati dan keikhlasan untuk memperbaiki diri dan menyembuhkan orang lain, bukan sekedar untuk membangun citra diri yang kadung merasa dizolimi terus menerus.

Tajamnya lidah lebih tajam dari pedang, kita bisa menggunakannya untuk membunuh atau membuatkan sarapan bagi orang lain, penggunanyalah yang akan menjadikannya pedang yang berguna atau pedang yang nista. Tidak ada pertempuran yang tidak dimulai dari lidah ini, jika dunia ini tanpa lidah tentu tidak pernah ada komando yang mengawali perang dunia, tapi tidak pula kita mendengar kata2 yang indah dan memotivasi diri kita menjadi lebih baik, kita tidak akan meresapi agungnya sumpah para pemuda puluhan tahun lalu.

Jagalah harimaumu untuk menjadikannya berguna, menghalau orang yang hendak menyakiti sesama kita, menyurutkan langkah orang yang hendak berbuat salah, jangan gunakan ia untuk menerkam orang lain. Bersyukurlah karena kita mampu berbicara dengan lidah, bersyukur karena kita berkesempatan belajar menulis dan bersosialisasi di dunia maya. Peliharalah dia dan saudara2nya karena pena dan keyboard pun tak kalah tajam dari mulut kita.

Kita terlahir dengan bantuan orang lain, dan dikuburkan dengan bantuan orang lain, tidak ada manusia yang lahir dengan kekuatannya sendiri, dan tidak ada manusia yang mengubur dirinya sendiri. Maka sudah barang tentu kita harus menjaga hubungan baik dengan orang lain, sebagai ucapan trimakasih pada orang2 yang membantu kita terlahir kedunia.

Janganlah merasa sombong pada apa yang kita miliki, tidak ada secuilpun kesuksesan kita yang kita dapat dari diri kita sendiri, Tuhan telah memberikan sebuah tim sukses bayangan yang selalu menyertai setiap doa kita menggapai kesuksesan, dulu ketika kita menghadapi ujian kelulusan, betapa besar jasa orang tua kita, guru dan teman2 yang menguatkan kita menghadapi kesulitan ujian itu, sungguh mulia orang2 yang merasa tersakiti oleh kita namun tidak pernah berfikir untuk mendoakan keburukan atas diri kita, betapa besar jasa orang2 yang kita temui sepanjang perjalanan ke tempat ujian yang membiarkan kita menyalipnya, tidak menyenggol motor kita, atau memicu keadaan sehingga kita tidak terhambat meraih kesuksesan.

Di MP saya belajar, bahwa banyak orang yang ternyata memiliki banyak perbedaan dengan saya, dan saya menyadari perbedaan tersebut tidak menjadikan orang2 yang berbeda membenci saya, sebaliknya saya belajar bagaimana mereka menjadikan perbedaan itu adalah pelangi, sebuah kepingan puzzle yang saya dapatkan cuma2 untuk menjadi nilai tambah kehidupan saya. Yah berbeda memang tak sama, tapi disanalah kita menemukan banyak keindahan. Ah, betapa bodohnya ketika dulu kerap menganggap saya merasa cukup melihat dari satu sisi saja.


Hidup yang damai adalah ketika kita mau bertoleransi terhadap sesama, saling menghormati dan menghargai, saling bersimpati dan berempati, damai bukan berarti membenarkan segalanya (putrilangit), tapi mendedikasikan yang terbaik dari kita untuk kebaikan kita semua.

Dengan kerendahan hati kiranya sudilah teman2 memaafkan sekiranya ada pernyataan, perbuataan saya baik di MP atau di dunia nyata yang kurang berkenan di hati teman2. Semoga kita semua bisa menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya.

—————————–
gambar pertama: koleksi hasil googlingan
gambar dua: copasan dari tempat mas sole
gambar tiga: design by alexandre efimov

Comments
77 Responses to “Dunia Pelangi”
  1. anotherorion says:

    sip nuwun mas bimo

  2. Sik tak woco maneh bar iki..Jemuahan hayoo

  3. anotherorion says:

    bambangpriantono said: Sik tak woco maneh bar iki..Jemuahan hayoo

    hehe hooh adus sik bar jumatan tak nggolek wedang uwuh njuk ngeles mengko bengi gek iso onlen meneh

  4. qilladit9 says:

    horeeeeeeee ada balon warna-warni…iiih mirip permen..nyam-nyamOke om…setuju dengan tulisannya.Sama-sama maafkan juga ya

  5. anotherorion says:

    qilladit9 said: horeeeeeeee ada balon warna-warni…iiih mirip permen..nyam-nyamOke om…setuju dengan tulisannya.Sama-sama maafkan juga ya

    sama2 qilla maafin om ya ga pernah ngasih permen qilla hehehe

  6. qilladit9 says:

    anotherorion said: sama2 qilla maafin om ya ga pernah ngasih permen qilla hehehe

    mentahnya aja Om..hihi *ajaran maknya ga bener

  7. bimosaurus says:

    dalam ajaran islam dikenal:Innallaha laa yughayyiru maa bii qoumin hatta yuggayyiru maa bi anfusihimTuhan tidak akan mengubah nasib suatu KAUM hingga mereka mengubahnya sendiri.. Tuhan tidak mengatakan : “mengubah nasibmu” tapi nasib KAUM.. dan itu tentu ada artinya. Kaum adalah sekelompok individu atau koloni atau komunitas.. Maka kewajiban kita adalah mengubah nasib kaum kita sendiri.. Menolong sesama kita di mentawai dan merapi adalah usaha untuk mengubah kaum kita sendiri. Maka, mari kita jalani tantangan Tuhan di ayat itu, dengan cara menolong sesama kita baik hanya dengan seribu dua ribu rupiah kita.. sukur kalau 1 M

  8. dekmaniezt says:

    segala perbedaan itu membuatmu jauh dariku, biarlah sang waktu menjaga cintamu. nyalakanlah api cinta membakar ragu yang ada ku kan slalu setia hingga saat tiba.. (ari lasso)ehh, salah mengartikan perbedaan,,, hartttt *kabor*

  9. anotherorion says:

    qilladit9 said: mentahnya aja Om..hihi *ajaran maknya ga bener

    cubit emaknya qilla hehehe

  10. anotherorion says:

    bimosaurus said: dalam ajaran islam dikenal:Innallaha laa yughayyiru maa bii qoumin hatta yuggayyiru maa bi anfusihimTuhan tidak akan mengubah nasib suatu KAUM hingga mereka mengubahnya sendiri..Tuhan tidak mengatakan : “mengubah nasibmu” tapi nasib KAUM.. dan itu tentu ada artinya. Kaum adalah sekelompok individu atau koloni atau komunitas.. Maka kewajiban kita adalah mengubah nasib kaum kita sendiri..Menolong sesama kita di mentawai dan merapi adalah usaha untuk mengubah kaum kita sendiri. Maka, mari kita jalani tantangan Tuhan di ayat itu, dengan cara menolong sesama kita baik hanya dengan seribu dua ribu rupiah kita.. sukur kalau 1 M

    leres mas bimo, nuwun pencerahane, dan dari ayat situ juga menuntut adanya sikap dan perbuatan untuk melakukan perubahan.

  11. anotherorion says:

    dekmaniezt said: segala perbedaan itu membuatmu jauh dariku, biarlah sang waktu menjaga cintamu. nyalakanlah api cinta membakar ragu yang ada ku kan slalu setia hingga saat tiba.. (ari lasso)ehh, salah mengartikan perbedaan,,, hartttt *kabor*

    berbeda tapi saling menghormati bisa lebih deket daripada sama tapi tidak menghargai to dek?

  12. bimosaurus says:

    anotherorion said: leres mas bimo, nuwun pencerahane, dan dari ayat situ juga menuntut adanya sikap dan perbuatan untuk melakukan perubahan.

    lumayan kang iso dinggo sangu jumatan.. kali wae khotib e lagi ceramah nang Merapi

  13. bimosaurus says:

    ra ketang googling

  14. dekmaniezt says:

    ihh, saru…nggowo2 kutang :((

  15. anotherorion says:

    bimosaurus said: lumayan kang iso dinggo sangu jumatan.. kali wae khotib e lagi ceramah nang Merapi

    amin, mugo2 lancar kabeh masa tanggap darurate, sambung meneh mengko bengi dab

  16. dekmaniezt says:

    anotherorion said: sama tapi tidak menghargai

    wes tak putus nek ngonoo…putus hubungaannn,,,cuihhhhhh

  17. anotherorion says:

    bimosaurus said: ra ketang googling

    rapopo bener le kondo kowe, ambillah jika dari silit pitik itu telur, jika keluar dari mulut ludah yo dibuwang, sik penting kan kuwi

  18. anotherorion says:

    dekmaniezt said: ihh, saru…nggowo2 kutang :((

    ha kowe kuwi sik nggowo

  19. anotherorion says:

    dekmaniezt said: wes tak putus nek ngonoo…putus hubungaannn,,,cuihhhhhh

    wis sik ah mengko jumatan malah mbayangke kutang tobat

  20. dekmaniezt says:

    aku rag nggowo :(( pie tooaku nganggo jeewww*kabor ngumpet*

  21. dekmaniezt says:

    *ngakak*golet madhang ahh

  22. rengganiez says:

    beda tak masalah..beda itu indah kok..makanya saya menjunjung tinggi keberagaman, perbedaan…yang membuat bubrah itu khan kalo memaksakan perbedaan πŸ™‚

  23. renypayus says:

    sungguh menyejukkan πŸ™‚

  24. zaffara says:

    duh tulisannya bagus,apalagi pelanginya πŸ™‚

  25. rirhikyu says:

    tulisan yg bagus Mas ^_^senangnya ada pelangi

  26. vira80 says:

    Maafnya tggu lebaran hihi..*salam damai sll*

  27. nawhi says:

    tulisanmu begitu dewasa n bijak Yo, minder aku bacanya.

  28. martoart says:

    siiiip pak guru. trims pencerahannya

  29. jampang says:

    perbedaan itu bukan masalah, kita aja yang sering menjadikannya masalah

  30. inyong says:

    Lupa inilah yang selalu diuber setan jadi penggoda

  31. moestoain says:

    dimaafkan heeheheheSABUDI (sastra budaya indonesia)mari kita jaga bersama!

  32. rosyagus says:

    Yo,……… Kalau posing lagi Tulisane di gedein dikit dunk :(pegel mripat ku kie πŸ™‚

  33. fahranza says:

    Betul Pri, hidup bersosial berarti saling menghargai.Manusia ga bisa hidup sendirian dan suka2..

  34. adinarya says:

    Waah..kita berdua hari ini lagi suka sama pelangi ya Pri πŸ™‚

  35. gerings says:

    merah, kuning, hijau di indonesiaku…

  36. 51key says:

    Nice post…TFS mase…^__^

  37. gambarpacul says:

    …damai, hal yg paling kurindukan..

  38. adiraf22 says:

    setuju …gambar2nya baguss

  39. Harmoni alam kuwi..

  40. anotherorion says:

    rengganiez said: beda tak masalah..beda itu indah kok..makanya saya menjunjung tinggi keberagaman, perbedaan…yang membuat bubrah itu khan kalo memaksakan perbedaan πŸ™‚

    heeh mbak niez tentrem agawe santoso crah agawe bubrah

  41. anotherorion says:

    renypayus said: sungguh menyejukkan πŸ™‚

    grujuk banyu adem ren?

  42. anotherorion says:

    zaffara said: duh tulisannya bagus,apalagi pelanginya πŸ™‚

    alhamdulillah makasih mbak winny

  43. anotherorion says:

    rirhikyu said: tulisan yg bagus Mas ^_^senangnya ada pelangi

    ia mbak feb pelangi itu indah

  44. anotherorion says:

    vira80 said: Maafnya tggu lebaran hihi..*salam damai sll*

    minal aidzin wal faidzin maning yah ya

  45. anotherorion says:

    nawhi said: tulisanmu begitu dewasa n bijak Yo, minder aku bacanya.

    aduh wan aku malah pengen kayak kamu e bisa bikin novel tapi aku bodo ga bisa bikin novel

  46. anotherorion says:

    martoart said: siiiip pak guru. trims pencerahannya

    maturnuwun cak, melu sinau seko cak marto

  47. anotherorion says:

    jampang said: perbedaan itu bukan masalah, kita aja yang sering menjadikannya masalah

    ia mas rifki, kadang kitanya aja yang menjadikannya masalah

  48. anotherorion says:

    inyong said: Lupa inilah yang selalu diuber setan jadi penggoda

    banyak2in belajar biar ga digoda setan ya om inyong, sip sip sip

  49. anotherorion says:

    moestoain said: dimaafkan heehehehe

    matur nuwun kang

  50. anotherorion says:

    rosyagus said: Yo,……… Kalau posing lagi Tulisane di gedein dikit dunk :(pegel mripat ku kie πŸ™‚

    eh keciliken ya bi?iya deh besok digedein klo ga mencet tombol CTRL karo + bi men nggedeni

  51. anotherorion says:

    fahranza said: Betul Pri, hidup bersosial berarti saling menghargai.Manusia ga bisa hidup sendirian dan suka2..

    bener er, klo kita sendirian ga ada yang nemenin hiyy serem

  52. anotherorion says:

    adinarya said: Waah..kita berdua hari ini lagi suka sama pelangi ya Pri πŸ™‚

    pelanginya adin lebih bagus ada 2 pelangi euy

  53. anotherorion says:

    gerings said: merah, kuning, hijau di indonesiaku…

    disingkat bangjo ah kang

  54. anotherorion says:

    51key said: Nice post…TFS mase…^__^

    sama2 mbak maturnuwun dah mampir

  55. anotherorion says:

    gambarpacul said: …damai, hal yg paling kurindukan..

    bener kang, rika nang ndi siki?

  56. anotherorion says:

    adiraf22 said: setuju …gambar2nya baguss

    makasih mbak adiraf, gambarnya nemu dari google n dari tempatnya mas sole

  57. anotherorion says:

    hubuthulqolbi said: Harmoni alam kuwi..

    harmoni alam ki kaya judul lagu udu sih mi?

  58. roebyarto says:

    yups..hari ini harus lebih baik dr kemarinEsok harus lebih baik dr hari ini

  59. anotherorion says:

    roebyarto said: yups..hari ini harus lebih baik dr kemarinEsok harus lebih baik dr hari ini

    amin mas totok, rung bubu ki?

  60. roebyarto says:

    anotherorion said: amin mas totok, rung bubu ki?

    lha… lek wis turu aneh… iso komen ning kene… hehehehe

  61. anotherorion says:

    roebyarto said: lha… lek wis turu aneh… iso komen ning kene… hehehehe

    sopo ngerti iso ngetik sinambi turu hehehehe

  62. roebyarto says:

    anotherorion said: sopo ngerti iso ngetik sinambi turu hehehehe

    wahhh…lek ngono kudu duwe ilhu rogo sukmo

  63. anotherorion says:

    roebyarto said: wahhh…lek ngono kudu duwe ilhu rogo sukmo

    lhahahaha wah aku bodo nang nggon ngono ra nyandak ilmune heu tinggal sik mas totok kari limang wat je mripate

  64. nawhi says:

    aku opo maneh, ra kuliah tambah bodo. biyen nulis novel mek bondho nekat ae.

  65. nawhi says:

    aku opo maneh, ra kuliah tambah bodo. biyen nulis novel mek bondho nekat ae.

  66. anotherorion says:

    nawhi said: aku opo maneh, ra kuliah tambah bodo. biyen nulis novel mek bondho nekat ae.

    bonek ning hasile kan apik wan, malah apik kuwi rapopo nek bonek hasile ngisruh yo sampluk

  67. nawhi says:

    ojo ngomong2 bonek, kasian persebaya degradasi. Gawat aku ntar dikeroyok he3

  68. kangdul says:

    Ulasane mantep mas..ngadhemke ati..hehehehe*ehh.. iki ngulas bocah sing nggawe rame ning jagad MP wingi dudu to?*asal nebak ^_^ *

  69. sutrapelangi says:

    mantep dah postingane pak guru :))

  70. anotherorion says:

    nawhi said: ojo ngomong2 bonek, kasian persebaya degradasi. Gawat aku ntar dikeroyok he3

    miskol aremania no rek, hehehe eh emang persebaya degradasi to? he ga ngerti kabare bal balan wan

  71. anotherorion says:

    kangdul said: Ulasane mantep mas..ngadhemke ati..hehehehe*ehh.. iki ngulas bocah sing nggawe rame ning jagad MP wingi dudu to?*asal nebak ^_^ *

    campuran sih kang karo nggo nyentil pejabat2e dewe kuwi sik waton njeplak nek ngomong, yo sisan karo nggo ngerefleksi awake dewe sih

  72. anotherorion says:

    sutrapelangi said: mantep dah postingane pak guru :))

    maturnuwun bu dosen n_n

  73. kecibung says:

    Keren juga tuh kalau papan rel kereta pake warna warni.

  74. anotherorion says:

    heem emang keren putri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: