Gaptek Komponen

Biarpun jurusan gw teknik elektronika tapi klo masalah mempelajari elektronikane aku termasuk bloon, n beberapa x gw ngalami gaptek komponen sik jyan ora mbejaji banget.

Case 1:

G (Gw) = mbak tuku resistor *ngasihin kertas daftar komponen*
B(Bakul) = pirang watt?
G = resistor mbak, ohm dudu watt!
B = Lha iyo ning pirang watt??
G = Sak karepmu mbak
B = @$#&!%^$

Pesan Sponsor = Resistor emang satuane ohm, tapi ditoko2 dijual dalam bentuk beberapa watt, klo resistornya dipasang di tegangan tinggi maka wattnya harus gede juga

Case 2:

G = Mbak tuku Elco *nunjukin list komponen*
B = Sik pirang volt mas?
G = Hah? Elco mbak elco…farad
B = Iyo ning arep sik pirang volt butuhe?
G = Sik kiro2 cocok wae lah
B = ^*#^&Y@^!~$

Pesan sponsor = idem kek resistor elco juga punya spesifikasi dia bisa tahan untuk tegangan berapa volt

Case 3:

G (gw)
D(dosen)

G = Bu bener itu hukum Ohm berbunyi V = I x R
D = Bener emang kenapa?
G = Coba ya bu klo diketahui arus 2 A, melintasi hambatan sebesar 1 kOhm, berapa tegangannya?
D = Ya tinggal dikalikan kok
G = Berarti 2kVolt yah bu?
D = Iya
G = Ah gak mungkin bu, salah rumus itu bu, coba aja ibu praktek mana bisa? orang tegangan sumbernya mentok 220V kok
D = ^%@*!%%*!!@

Pesan sponsor = mpe sekarang klo gw nanya rumus itu ke dosen atau temen tetep enggak dong juga hahaha pekok, salah rumus wkwkwkwkwk

G = Gw
T = Temen

Dapet soal ujian dari dosen berapa besar elco yang dipake klo mau membuat delay selama 1 menit, Gw langsung corat coret ngitung make rumus, temen gw nyontek trus melotot

T = Edyan pethuk po kowe jawabane kok sakmono?
G = Lha kudune piro? jal kowe nganggonen rumuse mau
T = Dudu kuwi masalahe thuk! masalahe elco 3 Farad ki lehmu tuku arep nangendi? capasitor sak farad ki wae iso gedene sak omah
G = Ha iyo salahe dosene lhe gawe soal kok. mbok gawe delayne 0,…..01 detik yo
T = &$!#!%%#~!@

Pesan sponsor = Capasitor yang beredar di pasaran besarnya di kisaran mikro farad, semakin besar faradnya semakin gede bentuknya, karena fungsi elco emang buat nyimpen arus

Embuh kok aku bisa lulus juga yah??
gambar nyenyolong dimari

Comments
81 Responses to “Gaptek Komponen”
  1. azizrizki says:

    oalahwkwkwk

  2. anotherorion says:

    sst aja seru2 ki

  3. udah pake bahasa elektro..pake boso jowo pulak..*pulang aja ah….ga da transletannya πŸ˜€

  4. sahabatry says:

    mbuh ah ra ngerti….*nutup pintu, lanjut nonton mastercher junior*

  5. anotherorion says:

    itu udah pake bahasa sastra lho teh, sastra elektronika bukan teknik elektronika

  6. anotherorion says:

    ria: nonton super mario bros teguh ae

  7. tetep ajah roming hihihi

  8. sahabatry says:

    anotherorion said: ria: nonton super mario bros teguh ae

    gak mau nonton itu ah, judule nyindir aku banget (putus cinta)…hiks..hiks….

  9. sahabatry says:

    ayudiahrespatih said: tetep ajah roming hihihi

    Idem teh…..

  10. gambarpacul says:

    nek besar tegangan karo kaidah tangan kanan ana ora yo?

  11. adamdesign says:

    idem lah karo saya.. πŸ˜€ makane saya minggat maring desain n programming :”>

  12. dhaimasrani says:

    ayudiahrespatih said: udah pake bahasa elektro..pake boso jowo pulak..*pulang aja ah….ga da transletannya πŸ˜€

    πŸ™‚ sama Mbadan memang sayanya juga yang gak ngerti system electro πŸ˜€

  13. henidebudi says:

    xixixiaq juga bingung kok bisa ya apa jangan2 dosen yg ngelulusinnya juga bingung drpd tambah bingung wes luluske wae πŸ˜€

  14. anotherorion says:

    teh ayu: pake operator apa ta? kok romingan mulu?

  15. anotherorion says:

    ria: ups mangap deh ya udah nonton wisata kuliner ae

  16. anotherorion says:

    kang emil: kuwe mah gaya loreng, hubungan listrik karo medan magnet

  17. anotherorion says:

    mas adam: lha nyong miyen jane wis ketampa nang informatika UII e malah spmb lulus mlebu uny

  18. jaraway says:

    jareeeeee sopooooooooooooo V mentok ning 220..ning sutet kae 500 KV yoooooo=))payaaahh ah.. =p

  19. jaraway says:

    cen soal ki kadang ra mutu yoooo.. hahahara sesuai kenyataan.. wekekeke

  20. anotherorion says:

    jar justru sutet ra mungkin dipasangi resistor, trus ampere ra mungkin mung 2 ampere lah

  21. anotherorion says:

    mas dhai hehe maap mas

  22. anotherorion says:

    mbak heni hehe keknya sih gitu

  23. jaraway says:

    anotherorion said: jar justru sutet ra mungkin dipasangi resistor, trus ampere ra mungkin mung 2 ampere lah

    hahaha.. lha kesimpulanmu muni ngunu.. qeqeqeaku mudheng sakjane.. ming lucu ae.. =))

  24. grasakgrusuk says:

    Kaya aku kalo ke pasar beli bumbu, mau berapa ons mbk? Hmm, setengah plastik yg mbk pegang aja dah, hihi..

  25. puritama says:

    ahahaha…Lama ga ketemu rumus-rumus gini. Aku belajar iki pas SMP.Guruku dulu kayak einstein… rambute acak-acakan.. XDitung-itung resistor pake hicomejiku itu… abis tu blas lupa total.. -__-

  26. sahabatry says:

    anotherorion said: ria: ups mangap deh ya udah nonton wisata kuliner ae

    ora tak mangapke…*mbalangi Priyo pake leunca*

  27. anotherorion says:

    ya wis tak mangap dewe wisbuka mulut

  28. ramarizana says:

    Hahah. Podho karo aku,mas.Saya juga sering gak dong tentang dunia sipil. Trutama tentang bagian2 rumah.Lebih parah lagi kan? πŸ˜₯

  29. anotherorion says:

    fajar: aish jyan

  30. anotherorion says:

    hahaha mbak wet kudune jawab, belum pernah nimbang mbak

  31. anotherorion says:

    vera: gelang warna ta? resistor sik 5 watt dah gak pake gelang2an bentuke ngene iki

  32. anotherorion says:

    rama: lha jurusanmu opo to ram? umy ki ono teknik sipile barang ta?

  33. ramarizana says:

    Iya,sipil.Ono lah.Kayak praktikum hidro tahun lalu.Pernah beli pipa PVC,trus ditanya diameter brapa. Aku bilang terserah aja bu,yang kira2 gak gitu gede,gak trlalu kecil. =))

  34. puritama says:

    ho oh yg gelang2 lucu itu.Hoo itu udah tingkat lanjutan ketoke. Gak pahamlah… *amnesia*

  35. anotherorion says:

    huwahahaha ram yo karuan pipa mesthi ono diametere ning aku yo ora apal sih biasane nggowo contoh trus tak kon nyocoke bakule

  36. anotherorion says:

    vera: hehe ya nek aku makenya yo sik gelang warna kok nek putih biasane dipake anak2 elektro

  37. ramarizana says:

    Berarti lebih parah aku,kan? Hahahah

  38. anotherorion says:

    wkwkwk podo lah ram, aku sering salah masuk toko soale, lha angel mbedake e toko elektronika = spesialis jualan komponen dan alat listriktoko elektronika = spesialis bakul tv, kulkas, seperangkat alat listriktoko listrik = isine kabel, colokan, lamputoko industri = thermokopel, kabel, mesintoko teknik = campur baur, kabel, sisan tang, graji barangsering plonga plongo nek salah mlebu toko meh tuku resistor adole kulkas semprul

  39. ramarizana says:

    Hahahah. akeh tenan sing ambigu yo?

  40. rengganiez says:

    aku melu gaptekkk…

  41. anotherorion says:

    rama: modale emang kudu apalan kok nek ra apal mesthi keblasuk hahaha

  42. anotherorion says:

    mbak niez: halah hahahaha

  43. t4mp4h says:

    aku ra tau lulus pelajaran kaya ngene iki, tapi karepe kuliah maneh nang instrumentasi hahahaha

  44. anotherorion says:

    wkwkwkwk aku matkul instrumentasi mbuh entuk opo C ketoke ra dong e

  45. bundel says:

    anotherorion said: wkwkwk podo lah ram, aku sering salah masuk toko soale, lha angel mbedake e toko elektronika = spesialis jualan komponen dan alat listriktoko elektronika = spesialis bakul tv, kulkas, seperangkat alat listriktoko listrik = isine kabel, colokan, lamputoko industri = thermokopel, kabel, mesintoko teknik = campur baur, kabel, sisan tang, graji barangsering plonga plongo nek salah mlebu toko meh tuku resistor adole kulkas semprul

    Lha rika guru je, priwen sih le?! Toli wong arep mulang kudu cerdas!Kwakakakaka………..

  46. subhanallahu says:

    hahaha, kayaknya ga lulus nih…ini buktinya:”Pesan sponsor = Capasitor yang beredar di pasaran besarnya di kisaran mikro farad, semakin besar faradnya semakin gede bentuknya, karena fungsi elco emang buat nyimpen arus”ukuran fisik elco tidak hanya ditentukan besaran farad-nya tapi juga ukuran voltase yang bisa ditangani, misalnya elco dgn kapasitas 0,5 uF, tapi untuk voltase 220 volt, itu ukurannya gede loh… πŸ˜€

  47. anotherorion says:

    bunda lha soale plange pada baen sih, pokoke ngger arep tuku ya kudu apalan kuwe toko listrik, elektronik apa bakul kulkas hahaha

  48. anotherorion says:

    mas wid: hooh nek gede voltasene tambah gede jugamangkane biyen ki sengit tenan nek neng toko tuku elko ditakoni voltase, sejak kapan satuane elko ganti status yah? wkwkkwkwkwkwk

  49. topenkkeren says:

    huwah, bisabisa njeblug umahku nek teknisine koe.

  50. anotherorion says:

    wkwkwkwk menerima bongkar tanpa pasang balik

  51. afemaleguest says:

    kamu bloon?aku super oon daaahhh

  52. anotherorion says:

    mbak nana halah ndodok bareng ae yo

  53. mbaktyas says:

    Wuik, aku rak doyan elektro. Mbiyen pas smp aku mending milih ketrampilan ngetik ae lah hehe

  54. huflepuff says:

    nang elektrone kene kok malah diajari image processing yo mas? nek nang kunu piye?

  55. rawins says:

    berapa kali mas..?tiga kali mbak..wah dadi laut dong..

  56. jampang says:

    xixixixixi… bagian terakhir nggak ngerti dialognya…. kalau soal satuan, sdikit2 ngerti…. πŸ™‚

  57. ipie says:

    La aku ngertine cuma bagian V = I . R

  58. itsmearni says:

    hadeh saya roaming nihroaming bahasanya roaming juga topiknya*salah jurusanxixixixi

  59. rembulanku says:

    ngakak sak pollleeeee

  60. tintin1868 says:

    ya ampooonnn.. segitunya.. sampe ngakak nih..

  61. anotherorion says:

    mbak tyas: biyen smp diajari sma diajari ngetik wordmalah ora lulus hahaha

  62. anotherorion says:

    mas haryo: aku ra diajari image procesing e, tapi adi2 kelasku sik informatika jare malah dikei

  63. anotherorion says:

    kang rawins = min kali min mlumpat yah? angger ketemune kali serayu apa ora mung kemelem dadi bathang kuwe nek mlumpat?

  64. anotherorion says:

    mas rifki: itu lho di pasaran gak ada namanya elco besarnya farad, paling paling cuma mikro farad, itu aja udah besar apalagi satu farad besar elkonya bisa serumah

  65. anotherorion says:

    ipie = iya itu rumus paling dasar semua teknik kelistrikan

  66. anotherorion says:

    mbak arnie : hihihi gakpapa kok πŸ˜€

  67. anotherorion says:

    mbak lala mbak tintin ish jyan malah do ngguyu sih n_n”

  68. podho melu grapyak sinau bareng πŸ™‚

  69. debapirez says:

    Dilulusin krn kampus ga pengen nama baiknya trcemar krn punya murid sing dodol kayak gini hahahaha…

  70. siantiek says:

    bahasanya kacaau . mumet aku mocone, mending lo tulis pake jawir ajah:PEh dulu waktu jaman gw demen ngutak ngatik beginian lupa belinya pake satuan apa :D. yg gw inget resister ya pake ohm.

  71. subhanallahu says:

    anotherorion said: mas wid: hooh nek gede voltasene tambah gede jugamangkane biyen ki sengit tenan nek neng toko tuku elko ditakoni voltase, sejak kapan satuane elko ganti status yah? wkwkkwkwkwkwk

    elco zaman kecil dulu sering tak pakai buat mainan ledak-ledakan, klo dimasukkan api, lumayan loh kayak petasan, hehe…pernah juga tak pakai buat pengganti baterai klo main gamewatch yang masih pake LCD hitam abu-abu itu, lumayan bertahan lama.btw, di jogja biasa beli di toko daerah mana? mbiyen yo sering klayapan nggolek komponen elektronika, buat sekadar hobi, masih banyak nih rongsokannya di bawah klong tempat tidur… :-b mau?

  72. anotherorion says:

    dedi: bener wkwkwkwk nanggung malu nek enggak kampuse

  73. anotherorion says:

    mbak nani: heeh satuane ohm tp nek beli resistor pasti ditanya butuh yang berapa watt?

  74. anotherorion says:

    mas wid: oalah jyan mbok yo gawe mercon dewe modal buku tulis jaman biyen, aku biasane tuku neng audio mangkubumi nek yang deket kampus yo sagan, paling lengkap dua itu, nek 51 kranggan gak terlalu

  75. ikhwatiislam says:

    jiaahh,,,smpe ta’ woco molak malik, wkwkwk :))

  76. anotherorion says:

    sing diwalik laptope apa rika? hahaha

  77. starholiceuy says:

    akhir2 ini ber-“lo-gw”

  78. anotherorion says:

    iyeh lagi demen getoh

  79. sittisadja says:

    Hahaha gurune nggawe soalnya ga sesuai dengan lapangan.Elco tuh kondensator elektrolit kan~aaa aku dulu belajar ini pas SMP. Ga asik, kerjaannya nyolder. Cih~ hahaha…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: