Nyontek Yuh

Sebenernya semua manusia pasti melewati namanya ujian entah dalam bentuk formal semacam UAS, UAN sampe Ujian golek gawean. Atau ujian misalnya dikasih muka pas – pasan (ah hanya perasaanku buktine yo pas dadi guru, pas dadi asdos, pas dadi bojo dan pas band).

Pada prinsipnya ujian itu diperlukan untuk menaikkan derajat kita, naik kelas, naik jabatan, naik sepeda sampe naik genteng. Tetapi terkadang tidak semua ujian itu punya kemampuan yang tinggi untuk menyeleksi siapa yang mampu dan tidak mampu. Tentu yang dimaksud disini bukan ujian oleh Departemen KeIlahian dari atas sono, tapi ujian yang dibuat manusia, untuk mendapatkan data sejauh mana peningkatan kemampuan seseorang terkait disiplin ilmu masing2.

Hari ini hari terakhir UAS di sekolah, dan seperti biasa siswa selalu terbiasa dengan acara contek menyontek, entah lempar2an kertas, nulis jawaban di kertas soal trus digilir, smsan lah dsb. Di satu sisi, siswa mungkin emang berusaha serapi mungkin dalam mencontek biar gak ketahuan guru, tapi jujur wae sebagai guru yang pernah berkelakuan sama di umur yang sama, semua metode pencontekan ilmiah yang diterapkan siswa sekarang juga gak lain adalah warisan dari gw gw juga waktu jaman baheula, jadi biarpun kelihatannya gurune meneng ning yo ngerti kok, pokmen nek ada yang nyontek tuh di jidatnya kek ada tulisan segede papan tulis ” AKU NYONTEK GAK KONANGAN CUIY”

Klo satu anak usrek dewe, dicedaki anteng, sik liyane mesthi sik ganti usrek apalagi nek dah mepet waktunya, mentang2 gak ada injury time langsung blingsatan ora nggenah, mikir nek ditegasi, ngamuk, jenenge cah STM pol mentok yo ngajak gelut, nek dinengke yo ora apik.

Untungnya di sekolahku produktif gak diUASkan, dan aku sendiri keknya percuma klo bikin soal banyak2 buat diujikan, soal yang baik seharusnya memiliki daya beda untuk setiap murid. Tapi nek namanya contek2an dah jadi adat istiadat di semua jenjang akademis yo percuma wae gawe soal mumet2 wong endinge lhe nggarap yo tetep berjamaah.

Aku lebih seneng menilai proses, bukan dari 1 – 2 jam di ujung semester, klo make metode UAS, UAN begitu yakin deh banyak siswa yang curang yang dapet nilai bagus, tapi klo proses anak bisa menunjukkan sikap dan minat selama proses pembelajaran. Hasil selalu bisa ditiru, karya selalu bisa dijiplak tapi proses bisa menunjukkan mana yang benar2 berproses mana yang instan.

Denger2, penentuan kelulusan tahun ini mulai dibagi, 60% UAN : 40% sekolah, semoga ini bisa menjadi terobosan bagus, mengingat sekolah adalah lembaga pendidikan, bukan lembaga pengajaran, pendidikan selain membentuk disiplin ilmu juga sikap. Klo selalu dengan cara UAN, yakin siswa pun akan lebih terorientasi nilai bukan pada proses dan sikap

Comments
60 Responses to “Nyontek Yuh”
  1. Semoga anak-anak sekolah gak mampir ke postingan ini, dan ngelihat gambar itu.

  2. rhedina says:

    Ayuuuuuh….:D

  3. siantiek says:

    ya ampuuun yo, kamu dulu dgn cara itu ya lulus ujian ? 😀

  4. rirhikyu says:

    aku….nyontek :))

  5. rawins says:

    nek pengin biji 7 berarti rokok sebungkusnek 8 ya 2 bungkus…stm tamtama mode : on

  6. Dengan cara harroomm

  7. anotherorion says:

    mas iwan: neng sekolahku gak ngasi ditempelke sepatu sih 😀

  8. tintin1868 says:

    hahaha buat fotonya..

  9. mywolly says:

    Nyontek… Ayo… Ketauan 😀

  10. anotherorion says:

    bambang: ngepek yak e

  11. jampang says:

    gambarnya mantap…. belum pernah prakekin yg kaya gitu 🙂

  12. moestoain says:

    Hehehehe nyontek

  13. anotherorion says:

    mbak nani: kasih tau gak eaa? xixixixi

  14. anotherorion says:

    mbak feb: TOSSSSSSSSSSSSSSSS ups keseron

  15. anotherorion says:

    kang rawins hahaha bocahku angger ora ketampa nang karetan mesthi maring tamtama

  16. anotherorion says:

    bambang ora gek mangan pelem haroom manis kan?

  17. anotherorion says:

    mbak tintin itu juga dapet dari tips nyontek yang baik dan benar 😀

  18. gadisamnesia says:

    hahahahahc.. ! senin dah mulai semester..tipz yang bijak bang *huaaaaaaaaaaaam

  19. anotherorion says:

    mbak wulan sst jangan bilang2 ea?

  20. anotherorion said: bambang ora gek mangan pelem haroom manis kan?

    Orra…mengko muahbasah..Wis meluncur nang TKW durung?

  21. siasetia says:

    ga bisa dari pada puyeng ya keluar aja dengan pede…buat orang lain gusar hhahhahaha :p

  22. anotherorion says:

    eh tips yang mana nih? menconteknya yah?

  23. huflepuff says:

    aduhh… jadi malu –“

  24. katerinas says:

    aku lebih menghargai proses dari pada hasil

  25. rembulanku says:

    nyontek postingan oleh rak mas? 😀

  26. rengganiez says:

    ak pernah nyontek hihihihi

  27. anotherorion says:

    mas haryo hehe

  28. anotherorion says:

    mbak rien: iya tapi proses tetep membutuhkan waktu lama mengamatinya

  29. anotherorion says:

    mbak lala: bole

  30. anotherorion says:

    mbak nies idem euy

  31. rawins says:

    anotherorion said: kang rawins hahaha bocahku angger ora ketampa nang karetan mesthi maring tamtama

    sekolahan paling keren…remidial cukup urunan mangewuan…

  32. sahabatry says:

    aku paling males nyontek……tenanan lho 🙂

  33. anotherorion says:

    milih ngitung benik ya?

  34. kaostasfoto says:

    keren bangett.. ╱╱┏╮╱╱╱╱╱╱╱╱╱╱╱╱┃┃╱╱╱┳╱┓┳╭┫┳▉━╯┗━╮╱┃╱┃┣┻╮┣▉┈┈┈┈┃╱┻┛┛┻╱┻┻▉╮┈┈┈┃╱╱╱╱╱╱╱╱ ╱╰━━━╯╱╱╱╱╱╱╱╱smg dapat memberi konstribusi dan banyak perubahan di dunia pendidikan gan.. eke jg amad jarang mencontek gan :blushing:

  35. gambarpacul says:

    sing jelas jaman sekolah kuwe posisi menentukan prestasi..

  36. anotherorion says:

    mbak fily hehehe bagus dong sama kayak ria

  37. anotherorion says:

    kang emil: njagong nang mburi dewek pojokan cedek wc aman wis

  38. kaostasfoto says:

    eaaa hihihihi /ups/sukses bwt agan, mbak Ria juga =)

  39. sahabatry says:

    anotherorion said: milih ngitung benik ya?

    gak donk, aku kan gadis jujur…..*ditendang sampe Magelang*

  40. puritama says:

    ‘pendidikan selain membentuk disiplin ilmu juga sikap.’betulll…Seharusnya para tahanan berdasi kui disekulahkan lagi yah? Sekolah kepribadian… dikasih guru-guru galak yg gak bisa disogok.*ngayal*

  41. anotherorion says:

    mbak fily makasih mbak

  42. anotherorion says:

    ah ria gak enak klo nendang kamu mpe magelang*ra kuat*

  43. anotherorion says:

    vera: kudune disekolahke neng TK meneh kok

  44. soalnya paradigmanya masih “nilai adalah segalanya” hiks sedih ya…

  45. anotherorion says:

    lha wong dipatok nganggo UAN barang sih pril ya karuan baen, mangkane aku ora demen karo UAN2an

  46. anazkia says:

    Inget, 2003 adalah diterapkan pertama kalinya UAN. Jadi kelinci percobaan huffftttKesian yang gak lulus

  47. anotherorion says:

    hahaha meneh diandanine 6bulan sebelumnya ;D

  48. jandra22 says:

    Nyontek? Aku banget iku!

  49. anotherorion says:

    halah dimulai dari jamannya bunda ternyata 😀

  50. debapirez says:

    Ah…jd inget pas SD.1 jam sblm ujian selesai, dpt bocoraan dr guru2 hehe..

  51. isaanshori says:

    nek gelem UAS e diganti dadi tugas kelompok ae. disuruh bikin karya apa gitu..

  52. anotherorion says:

    dedi hahaha gurune gregeten

  53. anotherorion says:

    sebenere sik cocok ya model kampus kae is, ujiane skripsi, nek tiap mata pelajaran UAS diganti tugas kelompok siswa kemungkinan juga setress, aku dewe nggo kampus milih ngakon mahasiswaku gawe media pembelajaran bae, mbange ngetes 1 – 1 mengko njuk do tak kon mresentasike, perkoro hasil kuwi keri sik penting mereka ajar nggawe media pembelajaran

  54. isaanshori says:

    anotherorion said: sebenere sik cocok ya model kampus kae is, ujiane skripsi, nek tiap mata pelajaran UAS diganti tugas kelompok siswa kemungkinan juga setress, aku dewe nggo kampus milih ngakon mahasiswaku gawe media pembelajaran bae, mbange ngetes 1 – 1 mengko njuk do tak kon mresentasike, perkoro hasil kuwi keri sik penting mereka ajar nggawe media pembelajaran

    yo sakne jeh nek saben pelajaran ono skripsine. iso modar arek e ngerjakno tugas gede dewe2. mendingan seh nek aku kerja kelompok, biar yg pinter bisa ngajari yg masih belum paham.. nah terus porsine awak dewe sing ngatur..

  55. anotherorion says:

    hahaha maksude nek skripsi ki nggo pengganti UAN kan cah2 STM wae sakjane nek kelas 3 kan kon gawe proyek

  56. kangdul says:

    Pengalaman pribadiku, nyontek ki gaweane wong kurang PD. Mbiyen, gara2 kurang pede karo jawabane dhewe, njur takganti nganggo jawabane kanca sebelah sing – wektu nulis ki ketoke pede banget. Whealah, jebule sing dicontek salah kaprah.. malah jawabanku sakdurunge sing luwih pener…

  57. anotherorion says:

    hahaha hayo emang cah2 ki rata2 ora pede nek durung mbandingke ro nggone koncone sih kang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: