Urgently Needed: Learn and Stop SOPA

Alasan aku nerima pekerjaan sebagai guru TKJ sekali lagi sebenernya simple, karena aku sama sekali enggak dong tentang jaringan. Terus klo emang enggak dong kenapa malah berani ambil job itu?? Bukannya malah ntar jadi benalu di sekolahan itu??
Yep kadang aku emang ngerasa begitu, minim pengetahuan jaringan sementara materi yang harus disampaikan lumayan banyak, n gak cuma jaringan tapi juga database dan pemprograman, dulu kuliah emang sempet dapet, tapi namanya orang dulu belajar sebagai murid biasane merasakan belajar adalah sebuah keharusan bukan kebutuhan.
Sementara ketika kita terjun di lapangan tuntutan untuk menguasai materi menjadi keharusan yang mutlak, dari keharusan inilah tumbuh yang namanya kebutuhan. Kebutuhan untuk memahami, menguasai dan menjabarkan.
Pada akhirnya, kebutuhan itu memaksa kita secara sadar untuk terus belajar, bukan karena tuntutan keharusan, tetapi kebutuhan. Ketika manusia memaksakan sesuatu menjadi sebuah keharusan biasanya tidak diimbangi dengan kesadaran untuk menjalaninya, acapkali justru berusaha mangkir dari kewajiban tersebut. Tetapi ketika manusia menjadikannya sebuah kebutuhan maka ia akan berusaha memenuhi kebutuhannya itu, sebagai contoh makanan adalah kebutuhan manusia, ketika manusia tidak memiliki makanan ia akan berusaha mencarinya dengan segala cara, dari cara yang halal sampai yang halah.
Dan disinilah aku menempatkan diri, dengan adanya tugas mengajar itu, maka belajar adalah kebutuhanku, untuk memahami, mengaplikasikan dan membaginya kepada murid2ku.
Seperti halnya internet yang telah menjadi kebutuhan kita sehari2, untuk sebagian orang internet sudah bukan lagi kebutuhan tersier melainkan sekunder, bahkan primer. Kebutuhan untuk mengakses informasi ini kini terancam dengan akan disahkannya RUU SOPA (Stop Online Piracy Act) dan PIPA(Protect IP Act). RUU ini memungkinkan sebuah layanan internet ditutup ketika kedapatan meng-host-ing produk2 ber-hak cipta tanpa seijin pemiliknya.
Yang sangat mungkin terancam adalah website penyedia MP3, image, vidio ataupun e-book, termasuk didalamnya adalah Multiply. Ya, multiply memang secara resmi menutup dukungannya terhadap upload MP3 karena masalah yang sama. Dan dengan adanya RUU ini tidak menutup kemungkinan Multiply akan kena imbas yang lebih parah karena mengijinkan upload vidio dan e-book.
Apa jadinya ketika website2 penyedia layanan tersebut ditutup paksa? tentu saja akan terjadi kemunduran internet besar2an. Internet, yang merupakan media informasi dengan perkembangan paling cepat akan mengalami degradasi. Blog, forum, jejaring sosial, file-hosting akan lenyap dari peredaran. Mungkin yang tersisa hanyalah website2 milik perusahaan besar, situs berita, radio streaming, dan mereka yang memiliki modal besar untuk membayar royalti, serasa kembali ke zaman pre-millenium ketika netter hanya bertindak sebagai seorang netter pasif bukan contributor aktif. Yah mau tidak mau banyak dari kita mengakui bahwa internet adalah kebutuhan kita bersama, karena disinilah kita menemukan banyak wawasan dan teman baru.
Masih ada yang bisa kita perbuat untuk mencegah RUU ini disahkan seperti halnya banyak website besar menyatakan penolakannya terhadap RUU ini, marilah mendukung gerakan menolak RUU ini di internet, dengan menandatangani petisi online di americancensorship dan ikuti langkah2nya

1. Masuk ke situs Americancensorship.org

2. Scroll down/geser ke bawah ke tulisan: NOT IN THE US? PETITION THE STATE DEPARTMENT

3. Isi dengan alamat email kalian.
4. Lalu klik tanda SIGN THE PETITION
5. Selesai.


Well, tulisan yang ngaco bin nggak nyambung, tetapi semua itu bisa disambungkan karena faktor kebutuhan. Jadi, ketika kita merasa terpaksa karena sesuatu yang tidak kita sukai tetapi harus, maka ubahlah keharusan itu menjadi sebuah kebutuhan, dengan demikian akan muncul kesadaran kita untuk memenuhi kebutuhan itu.
Kewajiban membebani manusia dengan tuntutan,
Kebutuhan membuat manusia menyediakan dirinya untuk memenuhinya,
Maka ketika kita merasa terpenjara oleh kewajiban, ubahlah ia menjadi kebutuhan agar hati kita lebih ikhlas menjalaninya
wassalam
gambar dari sini
Advertisements
Comments
70 Responses to “Urgently Needed: Learn and Stop SOPA”
  1. nengmetty says:

    pertamax dulu aaahh

  2. wikan says:

    ketigax 🙂

  3. Sip, done!Yang gak peduli dg Petisi Stop SOPA berarti gak merasakan kegundahan pendiri Multiply ini, yg telah menyediakan gratis platform-nya untuk berkreasi.

  4. wikan says:

    multiply lagi galau ya? 🙂

  5. anotherorion says:

    moga2 temen2 mau menandatangani petisinya mas, n RUU ini batal disahkan karena ditolak netter sedunia

  6. nengmetty says:

    dilematis sebenarnya, kalau kita memposisikan diri sebagai pemegang hak cipta, mungkin sedih juga saat karya yang kita buat dengan keringat darah dan air mata (lebay mode on) dengan mudahnya diunduh orang di 4shared, atau situs-situs sejenis. (sambil tersipu-sipu, soalnya sering ngambil lagu disono)Mudah-mudahan ada win-win solution

  7. wikan said: multiply lagi galau ya? 🙂

    Kalo gagal di putaran kedua ini, bisa jadi Pez akan menutup Multiply atau melakukan perombakan besar2an platformnya, yg berakibat hilangnya sebagian besar postingan, atau hilang sama sekali untuk mulai dari nol.http://multiply.multiply.com/journal/item/471/Help_stop_SOPA_and_PIPA_Dulu Multiply juga pernah digugat oleh SONY.

  8. anotherorion says:

    masalahnya mbak metty, yang akan dihukum langsung adalah penyedia layanan bukan user peng-upload, seperti kasus setahun kemaren waktu miskominfo mau ngeblock situs yang usernya melanggar hak cipta

  9. anotherorion says:

    berarti biyen Multiply ngehilangin tombol donlot goro2 gugatan sony yo mas?

  10. anotherorion said: berarti biyen Multiply ngehilangin tombol donlot goro2 gugatan sony yo mas?

    Betul, mas, itu terjadi di th 2008, dan akhirnya Multiply kalah di pengadilan.

  11. jampang says:

    sudah ikutan petisinya

  12. puritama says:

    udaaaah…2 kali dengan 2 email 😀

  13. anotherorion says:

    mus: marimoes apa marimas?

  14. moestoain says:

    marina hand body

  15. anotherorion says:

    mus:wkwkwkwk semprul

  16. tintin1868 says:

    udah ikutan petisinya.. udah kirim email..tapi eh kalu enggak dong sama kerjaan malah jadi tantangan kan, belajar lagi..

  17. anotherorion says:

    he gitu to critane, ternyata pelakunya sony, untuk waktu nggugat sonny dia keok

  18. anotherorion says:

    maturnuwun mas rifki n vera

  19. wikan says:

    anotherorion said: masalahnya mbak metty, yang akan dihukum langsung adalah penyedia layanan bukan user peng-upload, seperti kasus setahun kemaren waktu miskominfo mau ngeblock situs yang usernya melanggar hak cipta

    koyok nyilihi maling peso yo? sing diukum sing duwe peso, dudu malinge :))

  20. anotherorion says:

    iya mbak tintin, mau gak mau, butuh je

  21. gambarpacul says:

    wkwkwkwk…nemu gembus maning nang kene

  22. anotherorion says:

    wikan: koyo kasus2 korupsi kae, sik diukum sik tukang pos e dudu sik akon

  23. anotherorion says:

    monggo mbak nana

  24. anotherorion says:

    mlewus apa kang? takoni nang ramane kaeh

  25. rengganiez says:

    Ojo lali Ajak murid2mu tandatangan petisi,kang…

  26. anotherorion says:

    hahaha nek mereka mbuh gelem melu gak

  27. dooohhh,, kampungan bagett sih kalo ampe d tutup sgalaaa..bisa bangkrut telkom speedy

  28. ohtrie says:

    Uurn gambar wae ahh…

  29. adearin says:

    Tiba2 jd inget jurnal seorang kontak (kl ga salah Fatah) dulu banget judulnya kira2, seandainya MP ditutup, mau jd apa tulisan2ku?

  30. kalo ngajar yg udah ngerti blass.. rasanya gak ada tantangan (inget pas aku ngajar photoshop), beda kayak kemaren ngajar matematika SMP (seru) 😀

  31. rawins says:

    siap siap menerima kenyataan kalo internet berubah jadi membosankan…nek urusan duit kabeh kabeh pancen silit lah…

  32. rembulanku says:

    wis tanda tangan aku masbtw, guru TKJ ki guru opo tho?

  33. penuhcinta says:

    Makasih tulisannya ya Yo! Betul sekali, bisa2 internet jadi hanya dikangkangi pemilik modal besar, menutup partisipasi kita2 yg orang biasa. Jangan lupa, Youtube dan Facebook terbukti sering menjadi penggerak masa dalam beberapa kejadian penting di dunia, contohnya ketika Arab Spring kemaren itu. Jadi fungsi situs2 yang terancam tertutup oleh si Pipa dan Sopa bukan sekedar hiburan, tapi juga sosial politik.

  34. penuhcinta says:

    fightforfreedom said: Dulu Multiply juga pernah digugat oleh SONY.

    Oalah, baru ngeh. Jadi itu makanya gak bisa donlot lagu lagi? Berarti yang sudah terbukti melakukan tuntutan memang perusahaan besar, Sony, Universal (penyebab ditutupnya Mega Upload).

  35. mbak Irma, ini fakta tentang SONY BMG.http://www.merdeka.com/tekno/sony-bmg-pakai-software-bajakan-xayeqhn.htmlSony BMG Pakai Software BajakanKamis, 03 April 2008 – 23:04Merdeka.com – Sony BMG adalah salah satu industri musik yang mendanai Recording Industry Association of America (RIAA) dan International Federation of the Phonographic Industry (IFPI) dalam usaha memberantas pembajakan CD dan kaset. Namun siapa sangka kalau Sony BMG justru memakai software bajakan dalam kegiatan bisnisnya.Sebuah perusahaan pembuat piranti lunak Perancis yang bernama PointDev baru-baru ini menuntut Sony BMG karena telah menggunakan software Ideal Migration buatannya secara ilegal. Software ini berfungsi untuk memindahkan data antar server atau domain.Awalnya, PointDev menerima telepon dari salah seorang karyawan Sony BMG yang meminta petunjuk mengenai penggunaan software tersebut. Saat diminta untuk menyebutkan nomor serial software, karyawan Sony BMG tersebut menyebutkan nomor serial bajakan.Kontan saja PointDev menghubungi pihak kepolisian untuk menyelidiki kasus ini. Saat digerebek ternyata lebih dari setengah software yang ter-install diduga adalah software bajakan.PointDev mengajukan tuntutan ganti rugi sebesar 300 ribu Euro atau lebih dari US$ 500 ribu sebagai ganti rugi atas tindakan pembajakan yang dilakukan Sony BMG. Sebelumnya Sony BMG sendiri pernah mengajukan sekurangnya 26 ribu tuntutan atas pembajakan lagu-lagu milik Sony BMG. (tec/roc)****ini kasus maling teriak maling.

  36. martoart says:

    “Mungkin yang tersisa hanyalah website2 milik perusahaan besar, situs berita, radio streaming, dan mereka yang memiliki modal besar”Aku jadi ingat rumor dulu, bahwa ada ide penjatahan bandwidth internet (tentu berdasar yg punya duit dan kuasa). Nah, dengan begitu internet akan sulit dinikmati oleh publik. Ya karena penguasaan bandwidth akan didominasai oleh yg punya duit. Dan siapa mereka? Korporasi besar. Yg biasanya jahat.Apakah sopa-pipa ini bagian dari itu? bisa jadi. banyak jalan menguasai senjata. bisa dengan alasan moral suci seperti melindungi dari piracy.

  37. anotherorion says:

    myelectricaldiary said: dooohhh,, kampungan bagett sih kalo ampe d tutup sgalaaa..bisa bangkrut telkom speedy

    hehehe ya begitulah

  38. anotherorion says:

    ohtrie said: Uurn gambar wae ahh…

    wokeh mas

  39. anotherorion says:

    adearin said: Tiba2 jd inget jurnal seorang kontak (kl ga salah Fatah) dulu banget judulnya kira2, seandainya MP ditutup, mau jd apa tulisan2ku?

    dibackup disik mbak wik aku tak backup ke livejournal ma bs

  40. anotherorion says:

    mahasiswidudul said: kalo ngajar yg udah ngerti blass.. rasanya gak ada tantangan (inget pas aku ngajar photoshop), beda kayak kemaren ngajar matematika SMP (seru) 😀

    trial n error nin kadang malah seneng klo praktikumnya sukses

  41. anotherorion says:

    rawins said: nek urusan duit kabeh kabeh pancen silit lah…

    hehhehe jejelna sit

  42. anotherorion says:

    rembulanku said: btw, guru TKJ ki guru opo tho?

    teknik kompter jaringan mbak

  43. anotherorion says:

    penuhcinta said: Makasih tulisannya ya Yo! Betul sekali, bisa2 internet jadi hanya dikangkangi pemilik modal besar, menutup partisipasi kita2 yg orang biasa. Jangan lupa, Youtube dan Facebook terbukti sering menjadi penggerak masa dalam beberapa kejadian penting di dunia, contohnya ketika Arab Spring kemaren itu. Jadi fungsi situs2 yang terancam tertutup oleh si Pipa dan Sopa bukan sekedar hiburan, tapi juga sosial politik.

    kok perasaan jadi represif ya kek cina yang twitter ae dulu diblok, mbuh nek sekarang orang cina masih bisa twitteran gak

  44. anotherorion says:

    penuhcinta said: Universal (penyebab ditutupnya Mega Upload).

    wealah megaupload tutup?

  45. anotherorion says:

    fightforfreedom said: ini kasus maling teriak maling.

    n RUU ini klo disahkan bakalan makin banyak lagi deh mas

  46. anotherorion says:

    martoart said: Aku jadi ingat rumor dulu, bahwa ada ide penjatahan bandwidth internet (tentu berdasar yg punya duit dan kuasa). Nah, dengan begitu internet akan sulit dinikmati oleh publik. Ya karena penguasaan bandwidth akan didominasai oleh yg punya duit. Dan siapa mereka? Korporasi besar. Yg biasanya jahat.Apakah sopa-pipa ini bagian dari itu? bisa jadi. banyak jalan menguasai senjata. bisa dengan alasan moral suci seperti melindungi dari piracy.

    tetep mengko sik main yo wong2 kuwi neh kok kang

  47. martoart says:

    anotherorion said: orang cina masih bisa twitteran gak

    mereka twitelan*sorry.. 😉

  48. debapirez says:

    Ini lbh parah dr Tiffie neh hehe..Selamatkan mediafire…

  49. arrgh bahaya ini bagi mental pengunduh spt saya ini XD

  50. rirhikyu says:

    dah voteparah

  51. nawhi says:

    aku yo wes vote n sebarin di FB Yo.

  52. afemaleguest says:

    anotherorion said: monggo mbak nana

    I just did! 🙂

  53. itsmearni says:

    semangatttttttttt TOLAK SOPA dan PIPA

  54. anotherorion says:

    emokidonlastevening said: arrgh bahaya ini bagi mental pengunduh spt saya ini XD

    hehehe nuwun lho

  55. anotherorion says:

    rirhikyu said: dah voteparah

    matur tengkyu hahaha HS e beda dewe 😀

  56. anotherorion says:

    nawhi said: aku yo wes vote n sebarin di FB Yo.

    mantap wan

  57. anotherorion says:

    afemaleguest said: I just did! 🙂

    sip

  58. anotherorion says:

    itsmearni said: semangatttttttttt TOLAK SOPA dan PIPA

    siyapp

  59. martoart says:

    tetep dapet 69 di tengah urusan seru gini. heran ndiri gw?

  60. anotherorion says:

    howalahhhhhhhhhhhhhhhh jyannnnnnnn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: