KTI

Klo gak salah di tulisannya kang danang sempet ngebahas tentang disertasi mahasiswa indonesia yang laris di negeri sebelah sementara di indonesia nasibnya tentu cuma jadi pajangan di ruang dosen.

Kemaren denger ada berita pengharusan mahasiswa semua jenjang membuat karya tulis ilmiah untuk dimuat dalam jurnal ilmiah, Dari situs2 berita juga membahas kewajiban yang dikeluarkan dikti melalui surat bernomor 152/E/T/2012 tertanggal 27 Januari, termasuk mahasiswa Magister untuk membuat karya ilmiah yang dimuat dalam jurnal ilmiah yang diakreditasi oleh Dikti.

Setuju2 aja klo ada peraturan beginian, karena tujuannya emang untuk mendongkrak publikasi karya2 penelitian mahasiswa, cuma masih ada keraguan sebagai contoh, mantan mahasiswa abadi cem aku mana tau jenis jurnal ilmiah? belinya dimana? definisi baku jurnal ilmiah aja mbuh, apa bedanya sama laporan penelitian, makalah atau yang lainnya, apalagi jurnal ilmiah nasional/internasional mungkin ini juga pertanyaan sebagian besar mahasiswa kita.


Nah disini Dikti selaku yang punya gawe harus getol melakukan sosialisasi kepada mahasiswa agar lagi2 gak cuma jadi aturan tertulis saja tapi bener2 bisa diterapkan dan dapat meningkatkan kemampuan ilmiah bangsa kita.

gambarnya corbis.com

Advertisements
Comments
48 Responses to “KTI”
  1. gambarpacul says:

    ujarku men kepenak skripsi diganti Kliping baen…

  2. anotherorion says:

    karepeh gari ngguntingi koran

  3. rosyagus says:

    udu jalurku kuwe. aku ra comment.

  4. bundel says:

    Anakku angger ora lulus semester kiyeh ya wis kenang peraturan kuwe, hiks!

  5. anotherorion says:

    bunda mulai diterapkan agustus 2012 bun, tapi rapapa bun lha miyen ana UAN baen cah2 SMA pada keweden siki ya wis biasa*tapi tetep nyong mah anti UAN*

  6. beautterfly says:

    Untung aku wis lulus..

  7. anotherorion says:

    jyah aku gek mlebu S2 e sar, hahaha

  8. maksudnya dimuat di koraN kali?kalau dipublikasikan pasti akan ada kroscek….setidaknya untuk mengeliminasi plagiasi

  9. afemaleguest says:

    peluang bisnis baruuuu^__^

  10. anotherorion says:

    kang bagong mungkin jurnal penelitian terbatas sik mung dicetak setahun sekali dan diedarkan cuman antar dosen, apa nggo bingkisan wisudawan pas wisuda

  11. faziazen says:

    yang dosen aja belom tentu bisa bikin jurnal..

  12. anotherorion says:

    mbak nana gawe percetakan

  13. rikejokanan says:

    Abot kiye… Inyong nulis puisi baen…

  14. Di koran2 banyak info lowongan bikin (baca:beli) skripsi….:(

  15. anotherorion says:

    mbak rike hehehe boleh

  16. anotherorion says:

    mbak firsty biasa kuwi adek tingkatku banyak yang jualan, intine wani piro?

  17. ramarizana says:

    Banyak yang nentang kok

  18. jampang says:

    wah… berat donk nih mau nerusin S2

  19. bundel says:

    anotherorion said: bunda mulai diterapkan agustus 2012 bun, tapi rapapa bun lha miyen ana UAN baen cah2 SMA pada keweden siki ya wis biasa*tapi tetep nyong mah anti UAN*

    Ya kuwe mulane kudu giri-giri lulus semester iki, njaluk pandongane baen lah nak. Wis kesel guli ngragadi toli.

  20. topenkkeren says:

    syarat luluse tambah angel kayane, ya?

  21. firstychrysant said: Di koran2 banyak info lowongan bikin (baca:beli) skripsi….:(

    Kalo pengen lebih cepet jalurnya, bisa di order di sini:http://ijazahaspal.multiply.com/Jadi gak perlu ikut proses skripsi :D*mau jadi apa negeri ini 😦

  22. ohtrie says:

    Balik lagi sebagaimana journale Cak Iwan, orientasine isioh belum jelas, visi misine ngeblank…Mau point ato koin..?Akhire jangan salahkan kalo banyak mahasiswa yang “asal kewajiban batal” pokmen lunas..!:(#maujadiapanegeriini (ikut paduan suarane Cak Iwan juga)

  23. debapirez says:

    waduh, baru mau kuliah S2 hehe…kt tmnku yg kul disana, kelulusan disana ga seribet kayak disini. hanya saja pemahaman disana lbh ditekankan.

  24. debapirez says:

    o ya, saya pernah ngerjain thesis 4 anak MM UI dan 1 anak MM UGM hehe….money talks…

  25. rawins says:

    dosen indonesia mikire kadar anu tuku ora gawe dewek ndean…

  26. huflepuff says:

    Untung aku wes tau nggawe.. :p.

  27. tintin1868 says:

    baca jurnal ilmiah berasa langsung berasap deh pala..

  28. anotherorion says:

    rama: aptisi sepakat menolak

  29. *sorry, aku kok lali copas komenku di sana ke sini:Setelah saya baca Surat Edaran tsb di sini:dikti.go.id: Surat Publikasi Karya Ilmiah… ada kalimat pembuka yg membuatku terusik:”Sebagaimana kita ketahui bahwa pada saat sekarang ini jumlah karya ilmiah dari Perguruan Tinggi Indonesia secara total masih rendah dibandingkan dengan Malaysia, hanya sekitar sepertujuh.”Lha kenapa harus ada kalimat “dibandingkan dengan Malaysia?”Alangkah lebih baik kalo si konseptor surat itu belajar lebih baik lagi bagaimana membuat surat yg mempertimbangkan nilai rasa dalam berbahasa plus belajar memahami betapa bangsa kita ini begitu sensitif dengan kata ‘Malaysia’. Sehingga niatan baik itu tidak disikapi dg antipati.Okey, SE ini sepertinya merupakan langkah yg baik, semoga juga telah disiapkan dg kualitas SDM pengawas & infrastruktur untuk mengawasi penerbitan jurnal oleh semua mahasiswa. Bila kedua hal itu tidak siap, maka akan sama saja: akan muncul peluang bisnis baru dan menjamurnya plagiarism.

  30. anotherorion says:

    mas rifki: mayan tambah tantanganbunda: amin moga gek ndang lulus

  31. anotherorion says:

    kang topan: marakna wabah endemik mahasiswa abadii

  32. anotherorion says:

    mas iwan: tumbas yuh, trusted seller gak tuh 😀

  33. anotherorion says:

    masthrie lha cetha intine kalah saing karo negri sebelah

  34. anotherorion says:

    dedi: wis modal kuwi gek ndang hahahaha

  35. anotherorion says:

    kang rawins: nggone mahasiswane dong, geratis

  36. anotherorion says:

    mas haryo dadi ra bingung neh to nek suk kon gawe

  37. anotherorion says:

    mbak tintin kek dijadiin sate ya?

  38. anotherorion says:

    mas iwan: biasa to peraturan neng indonesia idealis neng mengko soal penerapan mbuh, dadi marake serba salah sik ngisor

  39. huflepuff says:

    fightforfreedom said: *sorry, aku kok lali copas komenku di sana ke sini:Setelah saya baca Surat Edaran tsb di sini:dikti.go.id: Surat Publikasi Karya Ilmiah… ada kalimat pembuka yg membuatku terusik:”Sebagaimana kita ketahui bahwa pada saat sekarang ini jumlah karya ilmiah dari Perguruan Tinggi Indonesia secara total masih rendah dibandingkan dengan Malaysia, hanya sekitar sepertujuh.”Lha kenapa harus ada kalimat “dibandingkan dengan Malaysia?”Alangkah lebih baik kalo si konseptor surat itu belajar lebih baik lagi bagaimana membuat surat yg mempertimbangkan nilai rasa dalam berbahasa plus belajar memahami betapa bangsa kita ini begitu sensitif dengan kata ‘Malaysia’. Sehingga niatan baik itu tidak disikapi dg antipati.Okey, SE ini sepertinya merupakan langkah yg baik, semoga juga telah disiapkan dg kualitas SDM pengawas & infrastruktur untuk mengawasi penerbitan jurnal oleh semua mahasiswa. Bila kedua hal itu tidak siap, maka akan sama saja: akan muncul peluang bisnis baru dan menjamurnya plagiarism.

    Harusnya dikasih tambahan juga ya mas Iwan, kalau gaji dosen Indonesia juga sepertujuh gaji Dosen Malaysia.. hahaa 😀

  40. huflepuff says:

    anotherorion said: mas haryo dadi ra bingung neh to nek suk kon gawe

    Cuman aku kadung lulus S1 baru ada peraturan gitu mas priyo.. Angkatanku jek aman.. hehee

  41. huflepuff said: Harusnya dikasih tambahan juga ya mas Iwan, kalau gaji dosen Indonesia juga sepertujuh gaji Dosen Malaysia.. hahaa 😀

    Lha iya, biar FAIR … itu juga yg harus ditekankan ke pemerintah, biar gak kejadian seperti ini:Dalam_Jumlah_Paten_Internasional_Indonesia-pun_Sangat_Jauh_Tertinggal

  42. anotherorion says:

    mas haryo owalah ngono to ceritane

  43. sahabatry says:

    Aku juga setuju kok, tapi sebelnya kalo udah menyangkut dana.Kita mahasiswa pada mau penelitian, kok susah banget turun dananya….udah dipotong sana-sini duluan….

  44. anotherorion says:

    kebiasaan mengadakan sunatan massal kayane ya

  45. sahabatry says:

    Mending nek sunatan, esuke dapet “angpaow”…lha ini….hehhehe

  46. anotherorion says:

    entuk kokangpaw bolong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: