Rises of Skill

Mendekati akhir semester, anak2 udah mulai ribut buat nyelesain tugas media pembelajaran yang aku kasih, something new buat mereka, secara urutan permatakuliahan sendiri menurut dosen gak seharusnya mata kuliah ini dikasih di semester tiga, sementara dasar2 teori pembelajaran mereka belum dapat banyak, tapi menurutku, selalu ada yang pertama buat semuanya.
UNYAnak2 PTI emang di awal2 kuliah lebih banyak dicekoki mata kuliah teknis, mulai dari bahasa pemprograman sampai jaringan, mata kuliah kependidikan mungkin baru akan diintensifkan semester depan, untuk membekali mereka menghadapi KKN – PPL, pun bukan berarti tanpa dasar mata kuliah kependidikan itu mereka tidak bisa maksimal dalam menghasilkan media.
Aku yakin, anak2 sudah sering mendapatkan pembelajaran berbasis media, baik itu presentasi maupun media komputer selama sekolah, jadi paling tidak mereka bisa mendapatkan gambaran bagaimana menerapkan sebuah media untuk belajar.
Setidaknya dalam media pembelajaran itu ada tahapan2 pembelajaran, dari judul, kompetensi yang ingin dicapai, materi, simulasi baru kemudian evaluasi. Dengan mereka belajar membuat media di awal, harapanku nanti klo mereka dapat mata kuliah kependidikan mereka tidak terlalu abstrak, mengingat kuliah kependidikan lebih banyak kajian filosofis yang lumayan susah dicerna, bahkan kadang cenderung abstrak bagi anak2 yang belum memiliki gambaran sama sekali.
Aku yakin, akan ada surprise dari kemampuan anak2 membuat media pembelajaran, baik itu dari segi konsep maupun eksekusi medianya. Dengan latihan ini setidaknya bisa meningkatkan kemampuan mereka dalam mengolah bahan ajar menjadi sesuatu yang lebih atraktif, interaktif dan komunikatif buat siswa.
Dan sebenernya dibalik tugas yang aku berikan sama mereka sih, niatku biar mereka gak mengulangi kesalahanku, berlama2 mencari ide untuk judul TA & skripsinya, klo terpaksa mereka mentok gak punya judul, mereka bisa mengembangkan media mereka agar layak diangkat menjadi proyek mandiri ataupun judul skripsi. Siapa tahu kedepannya mereka bisa menjadi animator media pembelajaran handal seperti mbak febby πŸ˜€
gambar taken from here

Advertisements
Comments
42 Responses to “Rises of Skill”
  1. siasetia says:

    pak guru yang itu namanya apa? *eh ini yang akses pak guru atau nyonya guru ya? :p

  2. siasetia says:

    bambangpriantono said: dua dua

    tiga tiga

  3. siasetia says:

    siasetia said: tiga tiga

    empat empat

  4. siasetia says:

    siasetia said: empat empat

    limo limo sayang semuanya :p

  5. anotherorion says:

    ckckck dah cocok buat pentas nyanyi satu2 aku sayang ibu neng TK nih orang dua n_n”

  6. siasetia says:

    korelasi artikel dengan gambar berdasarkan teori grafis rasanya?

  7. Maklum dese pengen jadi guru TK

  8. siasetia says:

    anotherorion said: nyanyi satu2 aku sayang ibu

    maklum buat pentas persiapan hari bu pak guru :p

  9. tranparamole says:

    pak dosen yg apik.

  10. anotherorion says:

    teh tia: yuppy itu tugu UNY πŸ˜€

  11. anotherorion says:

    heloh hari guru kan udah bulan kemaren πŸ˜€

  12. anotherorion says:

    lum jadi dosen kok rom, cuma penggembira hahahaha

  13. siasetia says:

    hari ibu bukan hari guru :p

  14. anotherorion says:

    entar masih berapa hari lagi to

  15. jampang says:

    pengalaman adalah guru yg paling baik…. kalau yg ini adalah guru/dosen yang berpengalamanxixixixixixi

  16. anotherorion says:

    lha mas rifki pengalamane jih meneng jih tetep butuh teknikal support seko mburi πŸ˜€

  17. tintin1868 says:

    wuih idolanya bupeb dong..semoga segalanya lancar jaya ya..

  18. anotherorion says:

    iya dulu waktu skripsi juga konsultasinya sama mbak feb :Dhehehe makasih mbak tintin πŸ˜€

  19. rengganiez says:

    nanti hasil tugasnya dishare, mas prie…kalo perlu “dibahas” ramai2..

  20. isaanshori says:

    anotherorion said: niatku biar mereka gak mengulangi kesalahanku, berlama2 mencari ide untuk judul TA & skripsinya

    pak dosen priyo apik tenan wong e πŸ˜›

  21. isaanshori says:

    tugas berbasis proyek jauh lebih bermanfaat daripada sekedar teori pri. setuju banget karo idemu πŸ™‚

  22. puritama says:

    baru kemaren ta tanya anak TI, ‘Udah punya ide mau bikin program/sofwer apaan entar?’lamaaa mikire, emang masih bingung soale rung menemukan masalah kali ya..

  23. ninelights says:

    kalau udah tua eh berpengalaman memang omongannya jadi beda yah…ckckck.luar biasa. :p

  24. anotherorion says:

    hahahaha mbak niez: rencananya emang mau aku pajang di MP the best buat tiap2 kelasnya πŸ˜€

  25. anotherorion says:

    hooh is, mbange diuji teori mending proyek ming yo kadang kan ono bocah sik njaluk digaweke koncone kuwi wae masalahe

  26. anotherorion says:

    mas syam: nuwun

  27. anotherorion says:

    vera: lha nek cah IT neng UNY sakjane luas, seko pendidikan SD -SMA, perusahaan, sistem informasi, macem2 lha nek Elektronika koyo aku, pol mentok tetep kudu STM

  28. anotherorion says:

    rana: 3@ 63ThU d3Ch

  29. gambarpacul says:

    kaya dosen baen luh..

  30. puritama says:

    anotherorion said: vera: lha nek cah IT neng UNY sakjane luas, seko pendidikan SD -SMA, perusahaan, sistem informasi, macem2 lha nek Elektronika koyo aku, pol mentok tetep kudu STM

    saking luasnya jadi bingung mau fokus yg mana… :))

  31. anotherorion says:

    kang emil: hahahaha genah koh jyan dadi tukang tiru2 baen nyongevera: wah nek aku malah iso dadi lulus cepet wong iso njupuk data neng TK barang e

  32. ninelights says:

    anotherorion wrote today at 4:18 PMrana: 3@ 63ThU d3Ch>>> =)) sentimen tenan,Om Pio :))

  33. jandra22 says:

    Wah bagus itu pak, apalagi kalau hasil akhirnya seperti mbak Febby, oke banget!

  34. anotherorion says:

    hehe bunda kan iki baru produk pertama, mungkin nek mereka dah sering ngelatih bisa jadi sebagus bikinane mbak febby

  35. debapirez says:

    hebat neh mas Pri ngasih motipasinya. Stephen R. Covey mah lewat neh hehe…

  36. sahabatry says:

    Pak Guruuuuu…..*manggil2*Jangan sampai mahasiswa2mu mengalami kesalahan yg sama, xixiiix

  37. anotherorion says:

    ealah ded: bagusan sana banget x

  38. anotherorion says:

    ria: injih mbah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: